Begini Cara Diabetes “Menggrogoti” Bobot Tubuh Penderitanya – FAJAR sulsel
Kesehatan

Begini Cara Diabetes “Menggrogoti” Bobot Tubuh Penderitanya

FAJAR HEALTH – Turunnya berat badan akibat proses diet ketat adalah hal yang memang seharusnya terjadi. Namun apa jadinya ketika turunnya berat badan yang Anda alami terjadi begitu saja dan tanpa sebab yang jelas?

Diabates adalah salah satu penyakit yang kerap dikaitkan dengan kondisi ini. Diabetes sendiri adalah gangguan metabolik yang menyebabkan tingginya kadar gula darah, baik disebabkan oleh kurangnya produksi insulin atau ketidakmampuan tubuh dalam merespon insulin yang diproduksi.

Lalu bagaimana diabetes menyebabkan berat badan penderitanya mengalami penurunan? Hal ini dapat terjadi akibat dari terlalu banyaknya air yang keluar baik melalui urinasi atau ketidakmampuan tubuh untuk menyerap kalori yang terdapat dalam gula darah.

Terlebih lagi, ketika produksi insulin tidak mencukupi, maka tubuh akan mulai membakar lemak dan otot untuk dijadikan sumber energi, menyebabkan penurunan berat badan di seluruh bagian tubuh.

Menurut studi tahun 2014 yang dirilis pada Indian Journal of Medical Research, kondisi ini umumnya terjadi pada mereka yang menderita diabates tipe saja atau bisa juga pada penderita tipe 2 yang tidak terdeteksi dalam waktu yang lama.

Selain penurunan berat badan dan sering buang air kecil, gejala lain yang ditimbulkan diabetes adalah seperti haus dan lapar berlebihan, mudah lelah, luka yang sulit sembuh, dan sensasi seperti ditusuk pada kaki atau tangan.(ruf/fajar)

*** Like page Facebook FAJAR Health untuk berita menarik ter-update lainnya ***

Original Article

loading...
Click to comment
To Top