Cakka Canangkan Kampung KB – FAJAR sulsel
News

Cakka Canangkan Kampung KB

BELOPA — Bupati Luwu, HA Mudzakkar melakukan pencanangan Kampung Keluarga Berencana (KB) di Kelurahan Suli, Rabu 17 Mei 2017. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan tingginya angka kelahiran di Kabupaten Luwu.

Pencanangan Kelurahan Suli sebagai Kampung KB di Kabupaten Luwu ini disaksikan Ketua DPRD Luwu, Andi Abdul Muharrir, dan Kabid Admin BKKBN Propinsi Sulawesi Selatan, Abdullah Hamzah dan Ketua TP PKK Luwu, Hj Andi Tenrikarta Mudzakkar dan segenap masyarakat Kecamatan Suli.

Di hadapan masyarakat Suli Pantai, Bupati Luwu, Andi Mudzakkar mengungkapkan, dicanangkannya Kampung KB di Suli Pantai ini merupakan bagian dari program nasional. Dimana program KB sangat efektif untuk menekan angka kelahiran.

“Teori apapun yang akan kita pakai pada prinsipnya menekan pertumbuhan penduduk merupakan sebuah keharusan yang tidak bisa ditunda-tunda,” ungkap HA Mudzakkar.

Cakka sapaan akrab Andi Mudzakkar mengatakan, Program Keluarga Berencana sudah lama digaungkan pemerintah, bahkan menjadi program andalan di era Orde Baru, dan kenyataannya Program KB menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan membatasi angka pertumbuhan penduduk.

“Semboyan 2 Anak Cukup sudah sangat akrab di telinga kita. Program ini tidak hanya berguna untuk membatasi angka pertumbuhan penduduk, tetapi juga menjadikan kaum perempuan bermartabat terhadap haknya khususnya dalam merencanakan jumlah anak dan kapan waktu yang tepat untuk melahirkan.

Dan yang tidak kalah pentingnya juga mengurangi resiko kematian ibu,” tutur Bupati Luwu dua periode ini, seraya mengungkapkan pantun saat meresmikan pencanangan Kampung KB, dengan mengatakan “berakit rakit dahulu baru ke penghulu “.

Sementara itu, berdasarkan data di Kantor Pengendalian Kependudukan dan KB Luwu , Masyarakat Kelurahan Suli yang terletak di Kecamatan Suli memiliki tingkat kelahiran penduduk yang cukup tinggi.

Laporan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Luwu, Hasliana Nurdin menuturkan dipilihnya Kelurahan Suli yang letaknya di wilayah pesisir pantai memang angka kelahiran dan ibu hamil cukup tinggi.

“Bupati Luwu, Bapak HA Mudzakkar bersama Ketua TP-PKK Luwu Ibu Hj Andi Tenrikarta Mudzakkar memiliki komitmen yang tinggi dalam upaya menekan pertumbuhan penduduk di Kabupaten Luwu,” kata Hasliana, seraya menambahkan program KB juga ikut meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Karena dengan merencanakan kelahiran anak, memungkinkan orangtua dapat lebih menjamin kualitas hidup anak mereka.(and/rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top