Eksotis Air Terjun dan Sensasi Sungai Jodoh – FAJAR sulsel
News

Eksotis Air Terjun dan Sensasi Sungai Jodoh

*Menikmati Wisata Sungai Latuppa

OBJEK wisata Sungai Latuppa tidak asing lagi. Jika berkunjung ke sungai yang bening dengan gemericik airnya itu, kita seakan disambut oleh ‘dayang-dayang’ dengan pepohonan kiri kanan yang begitu hijau.

Eksotis air terjun dan sensasi sungai jodohnya, membuat lengkap berwisata di sungai ini. Oh, indahnya….

SIAPA yang tidak kenal Sungai Latuppa? Sungai yang terletak di sebelah barat atau sekira tiga kilometer dari jantung Kota Palopo ini, begitu menawan.

Gemericik air sungai itu menambah suasana begitu indah. Apalagi, airnya bening. Kita pasti akan betah berlama-lama berendam.

Nah, menyambut Bulan Suci Ramadan, kalau ingin rekreasi, maka tidaklah lengkap kalau tidak menikmati percikan air sungai Latuppa. Apalagi, di air terjunnya. Sungguh menakjubkan!

Terletak di dataran tinggi pengunungan Kota Palopo, hanya dengan waktu 15 menit dengan jarak tiga kilometer dari pusat Kota Palopo, kita bisa merasakan eksotisnya Sungai Latuppa.

Ketika wisatawan sudah berada di dasar atau kilometer 1, kawasan objek wisata alam Sungai Latuppa akan langsung disambut dengan pemandangan bernuansa pengunungan dan suara aliran air sungai.

Dari sepanjang Sungai Latuppa yang memanjang berkelok-kelok hingga kilometer 12. Ini membuat para wisatawan merasa betah untuk berhenti menempati suatu tempat karena banyaknya titik yang hampir sama dengan keindahannya.

Tetapi, dari berbagai banyak pilihan tempat untuk menikmati spot-spot yang terdapat di Sungai Latuppa, yang paling menarik adalah sungai jodoh.

Pemberian nama Sungai Jodoh berawal dari bertemunya pasangan muda-mudi yang melancong di Sungai Latuppa, kemudian menikah. Sehingga, nama tersebut dipublikasikan sebagai mitos.

Entah kebetulan saja atau memang sudah terbukti kesekian kalinya, sungai jodoh merupakan tempat menemukan jodoh.

”Bagi yang jomblo dan penasaran, coba-coba miki ke sungai jodoh. Jangansampai dapat jodoh di sungai ini,” kata Rauf dengan dialek kental Paloponya.

Untuk menuju sungai jodoh, cukup hanya jarak 50 meter dari jalan raya bisa melihat langsung pemandangan sungai jodoh.
Di sekitar sungai jodoh terdapat beberapa gasebo dan sarana lainnya untuk memberikan kenyamanan bagi wistawan.

Tak hanya itu, Sungai Latuppa juga terdapat air terjun yang menakjubkan. Menuju lokasinya, memang tidaklah mudah untuk dijangkau.

Para wisatawan harus berjalan kaki, melintasi sungai dan menanjaki anak tangga kurang sepanjang 200 meter.

Terbayangkan memang melelahkan. Tetapi, ketika sudah sampai di lokasi, kelelahan terbayar lunas oleh pemandangan air terjunnya. Dan, air terjun tersebut hingga 3 tingkat, masing memiliki keindahan yang berbeda.

Selain menawarkan permandian alamnya, belum lagi jika pada musim buah, di sepanjang jalan kita akan dapat menikmati dan menyaksikan pemandangan berjejernya pohon durian, rambutan, dan langsat yang buahnya begitu lebat. Nah, selamat menikmati keindahan Sungai Latuppa.(rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top