Judas Masuk 5 Besar Balon PKS – FAJAR sulsel
News

Judas Masuk 5 Besar Balon PKS

* Ibrahim: Sudah Pernah Pertemuan tapi Belum Ada Keputusan

PALOPO — Pernyataan Ketua DPW NasDem Sulsel, Rusdi Masse bahwa partainya akan berkoalisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengusung HM Judas Amir pada pilwalkot Palopo periode 2018 mendatang, sepertinya sejalan.

DPD PKS Palopo sudah pernah melakukan pertemuan dengan HM Judas Amir membicarakan rencana koalisi tersebut. PKS juga sudah melaksanakan penjaringan bakal calon wali kota Palopo. Hasilnya, Judas Amir masuk lima besar kandidat yang diusulkan ke DPW DPD Sulsel untuk diusung pada pilwalkot.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPD PKS Kota Palopo, Ibrahim Halim, SPdI, MPdI, saat dihubungi via seluler, Rabu 17 Mei 2017, kemarin.

Menurutnya, pada Minggu 14 Mei 2017, lalu, DPD PKS Palopo melaksanakan Pemilihan Raya (PEMILRA) untuk penjaringan balon wali kota Palopo di kantor PKS, Jalan Andi Tenriadjeng.

Pemilra dengan tema “Mencari Kandidat Walikota Palopo” ini, menelorkan tiga besar balon wali kota dari internal PKS yakni Ibrahim Halim (Ketua PKS Palopo), A Qayyim Munarka (pendiri PKS/mantan Ketua PKS Palopo), dan Hj Megawati (anggota DPRD Palopo dari PKS).

Sedang lima besar balon eksternal yakni Rahmat Masri Bandaso alias RMB (mantan Wakil Walikota Palopo), HM Judas Amir (Wali kota Palopo), Haidir Basir (pensiunan PNS Pemkot Palopo), Akhmad Syarifuddin (Wakil Walikota Palopo), dan Budi Sada (pensiunan PNS Pemkot Palopo).

Saat bersamaan diadakan pula PEMILRA untuk menjaring balon Gubernur Sulsel. Tiga besar internal PKS yakni Tamsil Linrung, Andi Rahmat, dan A Akmal Pasluddin. Sedang balon Gubernur eksternal yakni Nurdin Abdullah, Agus Arifin Nu’mang, Ichsan Yasin Limpo, dan Nurdin Halid.

Hasil PEMILRA ini telah dikirim PKS Palopo ke Tim Pemenangan Pemilu Wilayah (TPPW) PKS Sulsel. Selanjutnya, PKS Palopo akan mempresentasekan hasil PEMILRA ini dalam Rapat Koordinasi TPPW yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Waktu dan tempat Rakor belum diketahui. Presentase itu diikuti pula semua daerah yang melaksanakan Pilkada 2018. Tempatnya dipusatkan di satu tempat,” terang Ibrahim.

Ditambahkan Ibrahim, PEMILRA PKS Palopo diikuti 300 lebih kader PKS yang terdiri pengurus DPD tingkat kota, DPC tingkat kecamatan, dan pengurus tingkat kelurahan. Sistem pemilihan kombinasi tertutup terbuka. Dalam format surat suara, ada sembilan nama yang tertera.

Kemudian ada juga kolom kosong yang diisi oleh kader yang memilih bila tidak ada pilihannya pada nama yang tertera.

Mengenai koalisi Nasdem-PKS, Ibrahim mengungkapkan, pada pertemuan antara pimpinan PKS Palopo dengan HM Judas Amir belum lama ini. Tapi, belum ada keputusan waktu itu.

”Yang jelas, kami di DPD melakukan penjaringan sesuai mekanisme yang berlaku,” terang Ibrahim.

Terpisah, Wakil Ketua PDIP Palopo, Gibion Lomo yang dikonfirmasi mengungkapkan, PDIP bersedia koalisi dengan NasDem pada Pilwalkot Palopo jika incumbent Judas Amir mengambil Ketua PDIP Palopo, Alfri Jamil sebagai paketnya.

Kebetulan Judas mengambil formulir pendaftaran di PDIP. Dan jika JA mengembalikan formulir, berarti memang ada keseriusan untuk koalisi.

Hal penyaringan balon Wali kota PDIP tersebut, akan dibawa oleh Tim Penyaringan PDIP Palopo ke Tim Penyaringan DPD PDIP Sulsel.

”Dan kemungkinan ada beberapa balon 01 yang mendaftar di PDIP. Untuk menentukan siapa yang jadi koalisi, tergantung hasil survei dan komunikasinya dengan DPD PDIP Sulsel,” terang Gibion.

Demikian halnya dengan Hanura. Ketua Tim 7 Penjaringan Calon Walikota Hanura Palopo, Taslim Sabbara saat dikonfirmasi menegaskan, koalisi Nasdem dan Hanura masih berproses.

Saat ini, Hanura sedang melakukan penjaringan calon dengan membuka pendaftaran balon Walikota secara terbuka.

Hanura akan memprioritaskan balon 01 yang mengambil kader Hanura sebagai paketnya. Ada dua kader Hanura yang dipersiapkan maju di Pilwalkot yakni dr HA Thamrin Jufri dan Drs Ir H Achmad Mas’ud.

”Sampai hari ini, belum ada koalisi, belum ada balon Walikota yang ditetapkan Hanura. Semua masih berproses sesuai mekanisme internal Hanura,” terang Taslim.(ikh)

Hasil PEMILRA PKS Palopo

Tiga Besar Internal Balon Walikota Palopo

1. Ibrahim Halim (Ketua PKS Palopo).
2. A Qayyim Munarka (pendiri PKS/mantan Ketua PKS Palopo).
3. Hj Megawati (anggota DPRD Palopo dari PKS).

Lima Besar Eksternal Balon Walikota Palopo

1. Rahmat Masri Bandaso alias RMB (mantan Wakil Walikota Palopo).
2. HM Judas Amir (Walikota Palopo).
3. Haidir Basir (pensiunan PNS Pemkot Palopo).
4. Akhmad Syarifuddin (Wakil Walikota Palopo).
5. Budi Sada (pensiunan PNS Pemkot Palopo).

Balon Gubernur Sulsel

Tiga Besar Balon Internal
1. Tamsil Linrung.
2. Andi Rahmat.
3. A Akmal Pasluddin.

Lima Besar Balon Gubernur eksternal
1. Nurdin Abdullah (Bupati Bantaeng).
2. Agus Arifin Nu’mang (Wakil Gubernur Sulsel).
3. Ichsan Yasin Limpo (mantan Bupati Gowa)
4. Rusdi Masse (Bupati Sidrap)
5. Nurdin Halid (Ketua Golkar Sulsel.

* Sumber: DPD PKS Kota Palopo. (*)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top