Mainkan Harga, Pemda Ancam Cabut Izin Usaha Pedagang – FAJAR sulsel
News

Mainkan Harga, Pemda Ancam Cabut Izin Usaha Pedagang

BULUKUMBA, RADAR SELATAN.CO.ID — Pemerintah Kabupaten Bulukumba mengancam akan mencabut izin usaha pedagang yang berani melakukan penimbunan dan spekulasi harga sembilan bahan pokok (sembako) menjelang bulan ramadan.

Kepala Sub Bagian Pengembangan Bina Usaha Produksi Daerah Bagian Ekonomi dan ESDM Pemkab Bulukumba, Aco Bahar menjelaskan bahwa setiap menghadapi bulan ramadan sampai lebaran harga sembako cenderung mengalami kenaikkan.

Untuk itu, pihaknya melakukan operasi pasar segera guna mengantisipasi lonjakan harga yang berlebihan. Namun, pedagang yang tetap menaikkan harga terancam akan dicabut izin usahanya.

“Ada sanksi bagi pedagang. Bisa izinnya dicabut,” ujar Aco, seusai rapat bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) di Ruang Kerja Wakil Bupati Bulukumba, Rabu, 17 Mei 2017.

Menurut Aco, harga sembako yang biasanya mengalami kenaikan cukup tinggi adalah cabe dan daging. Bahkan, harga daging di pasaran sudah diangka Rp120 ribu perkilo, padahal harga normal hanya Rp 80 ribu. Tim menjadwalkan segera melakukan inpeksi mendadak (sidak).

“Harga daging sudah naik. Ini harus diawasi secepatnya. Tidak bisa dibiarkan,” jelasnya.

Pemkab Bulukumba, lanjutnya, tetap akan menggelar pasar murah jika harga sudah tak terkendali, baik bolug maupun perdagangan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan dinas Peternakan akan menyiapkan daging murah bagi masyarakat.

“Kalau Bulog sudah mau turun operasi di Cekkeng. Cuman ada preman yang mencoba menghalangi,” katanya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Bulukumba, Andi Cawa Miri akan menyiapkan pasar murah untuk persediaan sembako dengan harga miring. Cara ini, kata dia, merupakan langkah daerah dalam memberikan pelayanan dan kemudahan masyarakat dalam kebutuhan sembako sehari-hari yang kemungkinan akan melonjak permintaan selama bulan ramadan.

“Iya, kita kerjasama dengan beberapa agen produk makanan untuk pasar murah nanti,” kata mantan Sekretaris DPRD Bulukumba ini. (*)
———————————————

LANJUT RADAR SELATAN

loading...
Click to comment
To Top