Sekolah Kembalikan Dana Siswa – FAJAR sulsel
News

Sekolah Kembalikan Dana Siswa

Dugaan Pemotongan Dana PIP

PENULIS : RISNAWATI

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Pengawas SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel turun tangan terkait dugaan pemotongan bantuan dana Program Indonesia Pintar di SMA Negeri 2 Watampone. Pihak sekolah akhirnya mengembalikan dana milik siswa yang diduga dipotong usai pencairan di bank. Ini setelah Koordinator Pengawas SMA Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Drs A Aspada terjun langsung menelusuri dugaan pelanggaran tersebut di SMA Negeri 2 Watampone.

Aspada yang dikonfirmasi RADAR BONE tak menampik hal itu. “Semenjak isu dugaan pemotongan bantuan PIP itu muncul, saya langsung menyikapi persoalan ini dengan mendatangi SMAN 2 Watampone, untuk melakukan klarifikasi. Dan Alhamdulillah, kini bantuan PIP tersebut, semuanya telah dikembalikan kepada masing-masing siswa , Rabu, 17 Mei kemarin,” tegas Aspada.

Menurut Aspada, berdasarkan klarifikasi yang dilakukan di SMAN 2 Watampone, dana PIP yang diterima siswa tidak dipotong. Melainkan inisiatif siswa memberikan sendiri sebagai bentuk ucapan terima kasih. Sehingga kejadian ini, sambung Aspada tidak diketahui kepala sekolah maupun wakil kepala sekolah. “Kepala sekolah maupun wakil kepala sekolah tidak pernah memerintahkan hal seperti itu,” ungkapnya.

Lanjut Aspada terkait dana PIP di SMA Negeri 2 dinilai sudah beres. Pihak sekolah telah mengembalikan dana ‘terima kasih’ tersebut kepada semua siswa penerima PIP.”Bahkan pengembalian tersebut diserta dengan tandatangan masing-masing siswa. Besaran dana yang dikembalikan sebesar Rp50 ribu,” ungkapnya.

Salah seorang penerima PIP SMA Negeri 2 Watampone, IA membenarkan pengembalian dana tersebut.
“Bantuan dana PIP sebesar Rp50 ribu yang telah disetor oleh masing-masing penerima bantuan PIP telah dikembalikan. Proses pengembaliannya dikoordinir langsung oleh Wakil kepala sekolah bersama TU,” bebernya.

Diakui IA, bahwa dana PIP yang diterima disetor ke bagian TU setelah diarahkan oleh oknum pegawai TU yang mendampingi siswa menerima di bank. Beberapa kali siswa mempertanyakan penyetoran uang dimaksud, namun tak direspon pihak sekolah.

“Baru lucunya, setiap kami melapor ke pihak sekolah, siswa tidak pernah direspon,” katanya seraya mengakui, bahwa seluruh penerima dana PIP mengalami hal serupa. Karenanya ‘setoran’ dana PIP siswa ke bagian TU sebesar Rp50 ribu tak tepat disebut ucapan terima kasih.

LANJUT RADAR BONE

loading...
Click to comment
To Top