Bahaya Konsumsi Kentang yang Tidak Anda Sadari – FAJAR sulsel
Kesehatan

Bahaya Konsumsi Kentang yang Tidak Anda Sadari

FAJAR HEALHT – Kentang adalah salah satu jenis makanan yang menawarkan banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Manfaatnya terhadap kesehatan seperti membantu menurunkan berat badan, mengontrol kadar gula darah, mengatasi radikal bebas dan beberapa lainnya tidak dapat diabaikan.

Namun tahukah Anda bahwa konsumsi kentang tidaklah selalu baik. Sebagaimana disebut Authority Nutrition, konsumsi kentang ternyata dapat memicu seseorang terkena darah tinggi atau hipertensi, yang mana adalah salah satu penyakit yang masuk dalam kategori kronis.

Temuan ini berdasarkan studi yang mempelajari 3 studi besar yang melibatkan 187 ribu partisipan dalam kurun 20 tahun terakhir.

Hasilnya, ditemukan bahwa konsumsi kentang yang diproses dengan cara direbus, dipanggang atau dihancurkan (mashed potatoes) juga kentang goreng, dalam jumlah yang banyak atau sering, dapat meningkatkan resiko seseorang terkena hipertensi.

Studi itu juga menemukan bahwa dengan mengurangi konsumsi kentang dengan jenis sayuran yang tidak mengandung zat tepung, dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

Hal ini, menurut studi itu, ada kaitannya dengan kadar glisemik tinggi yang dimiliki oleh kentang. Beberapa studi sebelumnya telah membuktikan bahwa konsumsi makanan yang mengandung kadar glisemik tinggi dapat menyebabkan kondisi ini meradang.(ruf/fajar)

*** Like page Facebook FAJAR Health untuk berita menarik ter-update lainnya ***

Original Article

loading...
Click to comment
To Top