Perilaku Hidup Kurang Bersih, Rentan Diare – FAJAR sulsel
News

Perilaku Hidup Kurang Bersih, Rentan Diare

PALOPO — Sepanjang triwulan pertama tahun 2017 dari data Dinas Kesehatan. Penyakit menular tertinggi di Kota Palopo ditempati oleh penyakit diare sebesar 500 kasus.

Hal itu terjadi karena kurang menjaganya masyarakat berprilaku hidup bersih. Salah satunya buang air besar sembarangan atau lebih dikenal buang air tanpa dinding (Betadin).

Kepala Dinas Kesehatan Palopo, Dr dr Ishak Iskandar, M.Kes kepada Palopo Pos, Kamis 18 Mei 2017 menyampaikan bahwa pada dasarnya penyebab diare itu bermacam.

Bisa jadi karena makanan yang kurang bersih, minuman yang kurang bersih karena tidak dimasak, tidak cuci tangan jika ingin makan. Yang mengandung kuman-kuman, sehingga menyebabkan gangguan pencernaan.

Buang air besar sembarangan yang mencemari lingkungan itu juga penyebab diare.

“Jadi banyak sekali faktor penyebabnya,” sebutnya.
Jadi yang paling utama dalam menghindari yang namanya diare, yaitu masyarakat berupaya berprilku hidup bersih, jika ingin mengkonsumsi apapun itu harus cuci tangan dahulu karena jangan sampai tangannya dipenuhi dengan kuman-kuman, bakteri sehingga natinya mengganggu pencernaan.

“Itu juga jangan buang air besar semabrangan, kita berharap program 2000 jamban yang dialkukan oleh Pemkot Palopo tidak ada lagi masyarakat yang buang air sembarangan,” sebutnya.

Selain itu pula agar tidak mudah tertular penyakit menular penting adanya masyarakat mejaga gizi yang seimbang. Makan yang benar dan mendapatkan banyak tidur.

“Kebiasaan ini membantu menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat, maka imunitas tubuh mampu melawan berbagai patogen, bakteri maupun virus dan jamur,” tambah Ishak. (ich/rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top