Selama Ops Patuh, 274 Pengendara Ditilang – FAJAR sulsel
News

Selama Ops Patuh, 274 Pengendara Ditilang

*Paling Banyak tidak Punya STNK dan SIM

PALOPO — Semenjak operasi patuh 2017 digelar, Kasat Lantas Polres Palopo, AKP Sri Toto menyebut yang paling banyak melakukan pelanggaran adalah pengendara yang tidak membawa Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), selebihnya tidak menggunakan helm dan fisik kendaraan tidak dilengkap kaca spion dan sebagainya.

“Sepanjang operasi, pelanggaran terbanyak didapati adalah kelengkapan surat kendaraan. Khususnya SIM dan STNK. Malah, kita masih mendapati sejumlah pelajar dan anak dibawah umur menggunakan kendaraan di jalan raya,” ujar Sri Toto, saat ditemui di sela-sela operasi patuh di Jl Rambutan, Kota Palopo, Kamis 18 Mei kemarin.

Menurutnya, operasi kali ini petugas mengeluarkan 65 surat tilang, rinciannya 20 sepeda motor 45 SIM, sehingga total keseluruhan dari hari pertama surat tilang yang dikeluarkan sudah mencapai 274.

“Saat ini masih banyak pelanggaran yang ditemukan di jalan tidak dilengkapi dengan dokumen bahkan ada yang berani tidak menggunakan helm. Pelanggaran seperti ini langsung kita tilang,” kata perwira tiga balok di pundak ini.

Operasi ini sendiri, lanjut dia, dilakukan agar pengguna jalan mematuhi peraturan lalu lintas dan juga untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Selama ops ada dua sistem yang digunakan dengan penindakan di tempat dan hunting atau patroli keliling.

“Selain melakukan pemeriksaan kendaraan di suatu tempat, polisi juga melakukan mobile mencari pelanggar yang berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya
Kasat berharap, setelah dilakukan operasi patuh ini, para pengendara bisa patuh dalam berlalu lintas.

Bukan hanya saat opeasi dan masyarakat diharapkan bisa membantu menekan angka kecelakaan lalu lintas. “Kami harap ke depannya masyarakat bisa lebih patuh terhadap undang-undang lalu lintas. Selalu membawa SIM dan STNK bila bepergian,” tandasnya. (him)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top