AKAP-AKDP Harus Masuk Terminal – FAJAR sulsel
News

AKAP-AKDP Harus Masuk Terminal

Pasca Terminal Petta Ponggawae Naik Status ke Tipe A

PENULIS : BAHARUDDIN

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Status Terminal Petta Ponggawae berubah dari tipe C ke tipe A sejak 1 Januari lalu. Dengan perubahan status ini, cuma angkutan kota dalam provinsi (AKDP) dan angkutan kota antar provinsi (AKAP) yang boleh masuk ke eks Terminal Petta Ponggawae.

Sementara untuk angkutan kota (Angkot) dan angkutan desa (Angdes) ditempatkan pada terminal tipe C. Hanya saja, sejauh ini terminal tipe C belum ada, sehingga angkot dan angdes untuk sementara tetap diperbolehkan masuk ke terminal Petta Ponggawae.

Koordinator Terminal Tipe A Watampone, A Tenri Ajeng mengatakan angkutan desa dan angkutan kota akan dibuatkan terminal tipe C di lokasi Pasar Sentral Palakka. “Untuk sementara ini semua angkutan, baik angdes, angkot dan AKAP dan AKDP masih parkir di terminal Tipe A Watampone seperti biasanya. Karena sekarang masih dalam tahap sosialisasi kepada sopir. Nanti semua AKAP dan AKDP harus masuk semua di terminal,” jelas Tenri.

Diakui Tenri, sejauh ini pihaknya belum menarik retribusi di terminal tipe A. “Makanya sekarang kami kerjasama organda, OPP untuk menyampaikan kepada sopir agar terminal ini difungsikan dengan baik. Jika ini sudah difungsikan dengan baik, maka tidak ada lagi penumpang dari pelabuhan penyeberangan Bajoe yang langsung dibawa AKDP maupun AKAP. Tapi semua penumpang harus turun di terminal, kemudian pindah mobil angkutan kota. Program ini sementara dalam sosialisasi,” tuturnya.

Untuk menertibkan AKAP dan AKDP, kata Tenri saat ini pihaknya cuma mencatat nomor plat dan jumlah penumpangnya saat melintas di terminal. “Ini salah satu upaya untuk membiasakan angkutan tersebut masuk ke terminal,” beber Tenri.

Untuk menampung angkutan kota (Angkot) dan angkutan desa (Angdes). Dinas Perhubungan Kabupaten Bone sedang mengajukan usulan anggaran ke pemerintah pusat untuk membiayai pembangunan terminal tipe C.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bone, Asiswa Karim mengatakan untuk sementara terminal tipe C ditempatkan di lahan Pasar Sentral Palakka. “Untuk sementara kami hanya menyiapkan tempat sementara untuk ditempati bagi pengguna angdes dan angkot yang berada di sisi selatan Terminal Petta Ponggawae. Lahan tersebut merupakan lahan Pasar Sentral Palakka yang kami pinjam dulu,” tutur Asiswa, beberapa waktu lalu.

Adapun untuk lahan tetap pembangunan terminal C kelak, Asiswa belum bisa memastikan lokasinya. “Sejauh ini saya belum bisa memastikan dimana lokasi yang akan ditempati untuk membangun terminal tipe C nantinya. Karena sekarang kami masih dalam tahap pengusulan dana untuk pembangunan terminal tersebut melalui dana alokasi khusus,” terangnya.

Asiswa menambahkan pihaknya mengajukan usulan permintaan dana ke Bappenas. Hanya saja, Asiswa tak merincikan besar anggaran yang diminta.
Diakui Asiswa, meski sudah disiapkan lokasi terminal tipe C, namun sopir angkot dan angdes masih saja mangkal di terminal tipe A.

“Untuk terminal tipe C, yang kami layani itu angdes dan angkot. Namun sekarang masih banyak yang beroperasi di terminal tipe A, bahkan sebagian besar di sana beroperasi,” kuncinya.

(*)

LANJUT RADAR BONE

loading...
Click to comment
To Top