Buhari Masuk Lima Besar Balon Bupati PKS – FAJAR sulsel
News

Buhari Masuk Lima Besar Balon Bupati PKS

BELOPA — Politisi PAN, Ir Buhari Kahar Muzakkar (BKM) resmi mengembalikan formulir pendaftaran calon Bupati Luwu pada tiga partai politik di Luwu. Yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Gerindra.

Pengembalian formulir di PBB dilaksanakan pada Jumat, 19 Mei 2017. Sedang di Partai Gerindra dan PAN pada Sabtu, 20 Mei 2017 lalu. Sebelumnya, internal PKS telah melakukan Pemilihan Raya (PEMIRA) untuk penjaringan calon Bupati awal Mei lalu. Hasilnya, BKM masuk lima besar balon Bupati usungan PKS. Sedang Amru Saher yang memang kader PKS meraih suara terbanyak.

Demikian diungkapkan BKM yang dihubungi Palopo Pos, Senin, 22 Mei 2017 kemarin. ”Khusus untuk PAN, bukan lagi sekadar mengembalikan formulir. Tetapi penyerahan dokumen, selanjutnya mendapat pengesahan dari DPP melalui DPW untuk mendapatkan rekomendasi yang dipakai mendaftar di KPU,” terang Buhari.

Pengembalian formulir pada tiga partai, dilakukan sendiri oleh BKM. Di PBB, BKM diterima langsung oleh Ketua PBB Luwu H Muhammad Yunus. Di Gerindra juga diterima ketuanya, dr Anton Yahya, dan di PAN diterima pula ketuanya, Muh Yani Mulake.

Ditambahkan Juru Bicara BKM, Irwan Said, Tim Desk Pilkada PKS Luwu melakukan pertemuan khusus dengan BKM belum lama ini. Pada pertemuan itu, Tim PKS meminta pokok-pokok pikiran BKM jika terpilih menjadi Bupati Luwu periode lima tahun ke depan.

Pihak PKS mengungkapkan, nama BKM telah diserahkan ke Tim Desk Pilkada PKS Provinsi Sulsel bersama nama lainnya yang terjaring melalui PEMILRA.

Disinggung soal paket BKM, Irwan menegaskan semua masih berproses. Amru Saher yang telah mendaftar di PAN masih berproses. Karena PAN ternyata memperpanjang masa pendaftaran calon 02. Sedang Syukur Bijak (SBj) belum diketahui sikapnya lantaran belum mendaftar di PAN.

Sebelumnya pernah dilansir, Ketua PAN Luwu mengungkapkan paket BKM dipertimbangkan dengan pendekatan geopolitik yakni perpaduan Luwu bagian selatan dan Luwu bagian Walmas.

BKM yang berasal dari selatan, tentu akan berpaket dengan figur dari Walmas. Ada dua figur dari Walmas yang masuk radar BKM yakni Syukur Bijak (SBj) dan Amru Saher.

Jika melihat fakta yang ada, Amru yang merupakan kader PKS telah mendaftar di PAN. Sedang BKM yang merupakan politisi PAN masuk lima besar calon usungan PKS. Jika PAN (4 kursi) koalisi dengan PKS (2 kursi), baru memiliki 6 kursi. Masih butuh satu kursi supaya cukup mengusung satu pasangan calon. (ikh)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top