Bulog Diharap Beli Beras Petani – FAJAR sulsel
News

Bulog Diharap Beli Beras Petani

BELOPA— Musim panen padi telah tiba. Namun para petani tidak sepenuhnya gembira. Itu karena gabah mereka tidak beli sesuai harga normal. Hal itu diakibatkan Bulog tidak membeli gabah dari mitranya selama ini.

Petani pun terpaksa menjual gabahnya ke pedagang dari luar Luwu Raya dengan harga miring.
Kerisauan tersebut diungkapkan Ketua Pengusaha Penggilingan Padi (Perpadi) Luwu, Wahyu Napeng kepada Palopo Pos, Senin, 22 Mei 2017 kemarin.

Menurutnya, Bulog saat ini tidak mengeluarkan kontra kepada mitra yang selama ini menyuplai gabah. Alasannya, penyaluran raskin untuk tahun ini hanya enam bulan.

”Yang kami pertanyakan, kenapa Bulog tiba-tiba tidak membeli gabah saat petani sedang panen padi. Mau dikemanakan gabah petani kalau tidak disuplai ke Bulog,” terang Wahyu yang juga anggota DPRD Luwu dari Partai Nasdem.

Kebijakan Bulog tidak mengeluarkan kontrak kepada mitra, menyebabkan gabah petani yang baru selesai dipanen, dipastikan akan jatuh ke pedagang dari luar Luwu.

Hal ini sangat berbahaya karena pedagang luar tersebut dikuatirkan memainkan harga seperti beberapa tahun silam. Ini jelas merugikan petani.

Bahaya yang kedua, gabah hasil panen petani bisa jatuh ke tangan kartel beras. Ini lebih berbahaya lagi karena berpotensi menanggu stok beras di gudang Bulog.

”Agar potensi-potensi tersebut tidak terjadi, maka kami meminta Bulog agar segera mengeluarkan kontrak kepada mitra.

Tujuannya semata-mata untuk menyerap gabah petani serta menjaga stok beras di gudang Bulog,” terang Wahyu. (ikh)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top