IRT Dilatih Olah Ikan Bandeng Bebas Duri – FAJAR sulsel
News

IRT Dilatih Olah Ikan Bandeng Bebas Duri

*Kerjasama TP-PKK dan Dinas Perikanan

PALOPO — Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo melalui Dinas Perikanan dan Kelautan (DKP) bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kota Palopo memberikan pelatihan pengolahan ikan bandeng bebas dari duri kepada ibu rumah tangga (IRT) serta kader PKK di Hotel Kamanre, Senin 22 Mei 2017.

Program ini merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengelolaan hasil perikanan menjadi lebih bermutu dan bernilai tambah agar menarik minat masyarakat gemar mengkonsumsi ikan.

Bandeng yang dihasilkan dari tambak ikan milik warga setempat diharapkan bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat kedepan.

Ketua TP-PKK Kota Palopo, Hj Utiasari Judas, M.Kes dalam sambutannya saat membuka kegiatan pelatihan tersebut mengatakan, di era moderen saat ini, masyarakat dituntut lebih berinovasi untuk meningkatkan nilai tambah suatu barang agar bisa bersaing dipasaran.

“Pelatihan ini merupakan upaya peningkatan kemampuan dan keterampilan para pengolah dan pemasaran hasil perikanan untuk meningkatkan minat atau selera masyarakat terhadap komsumsi ikan bandeng menjadi lebih tinggi,” terangnya.

Lebih jauh isteri Wali Kota Palopo ini mengatakan, pengolahan ikan bandeng bebas duri merupakan bentuk inovasi baru dalam mengelola ikan khususnya ikan bandeng.

Sehingga diharapkan melalui program ini dapat mendorong tumbuhnya produk-produk kuliner yang bisa menarik simpati masyarakat mengkomsumsi ikan sebagai pemenuhan gizi.

“Program ini sebagai upaya meningkatkan mutu olahan serta nilai tambah secara ekonomi bahkan menjadi peluang terbukanya sentra-sentra kuliner yang berkearifan lokal.

Tentunya jika diseriusi dan dikembangkan akan memberikan entri point yang besar bagi kemajuan pengolahan hasil perikanan,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala DKP Kota Palopo, Ilham Hamid dalam sambutannya mengatakan, program pengolahan ikan bandeng ini dipastikan akan berdampak terhadap majunya ekonomi masyarakat nelayan. Hal disebabkan Kota Palopo merupakan salah satu penghasil ikan yang tersebar di sejumlah kecamatan.

Ilham berharap program ini dapat meningkatkan nilau jual ikan bandeng kedepan lantaran mutunya sudah lebih tinggi.

“Bandeng bebas duri pastinya akan diminati banyak konsumen,” sebutnya.

Di akhir acara, Ketua TP-PKK Kota Palopo menyerahkan alat pengolahan ikan bandeng kepada peserta pelatihan.(rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top