2019, Kedatuan Luwu Tuan Rumah FKN ke-13 – FAJAR sulsel
News

2019, Kedatuan Luwu Tuan Rumah FKN ke-13

KEDATUAN Luwu bakal tuan rumah penyelenggaraan Festival Keraton Nusantara (FKN) ke-13. Di FKN ini, ada sekitar 180 kerajaan se Indonesia dipastikan hadir. Ada juga dari luar negeri.

Menjadi tuan rumah FKN ke-13, sudah dirundingkan oleh dewan adat Kedatuan Luwu. Dipilihnya Kota Palopo, karena letak istana berada di Kota Palopo.

Namun demikian, wilayah se Tana Luwu harus ikut berpartisipasi dalam FKN 2019 nantinya. Ini adalah siri’nya Tana Luwu. Nantinya, empat daerah yang masuk wilayah kerajaan diharapkan bisa menampilkan adat dan istiadat daerah masing-masing.

Hal persiapan FKN sudah dibahas tanggal 31 Oktober 2016. Termasuk anggaran rencana revitalisasi istana Luwu dalam rangka menyukseskan FKN ke-13. Hadir kala itu empat kepala daerah se Luwu Raya. Ada Wali Kota HM Judas Amir, Bupati Luwu Andi Mudzakkar, Bupati Luwu Timur, Thorig Husler, dan Wakil Bupati Lutra, Thahar Rum.

Dalam pertemuan tersebut, para kepala daerah siap menyiapkan dana masing-masing Rp1 miliar untuk revitalisasi Istana Kedatuan Luwu. ”Dana yang diperlukan untuk revitalisasi itu tidak sedikit. Untuk itu, saya ingin menggugah hati seluruh kepala daerah mengenai hal ini,” jelas datu Luwu.

Kata datu Luwu, ini adalah siri’nya Tana Luwu. Makanya itu, imbuh datu Luwu, harus menyiapkan segala sesuatu dengan baik yakni bekerjasama satu dengan yang lainnya.

Di pertemuan tersebut, Bupati Luwu, HA Mudzakkar, menyatakan, Kabupaten Luwu siap memberikan dana untuk revitalisasi istana sebesar Rp1 miliar.
Begitu juga dari Luwu Utara, Luwu Timur, dan Kota Palopo.

Bupati Luwu Timur, HM Thorig Husler menyatakan Kabupaten Luwu Timur siap memberikan dana sebanyak Rp1 miliar.

Wakil Bupati Luwu Utara, Thahar Rum, juga menyetujui dana Rp1 miliar untuk pembangunan revitalisasi Istana. Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH menyebutkan Pemkot Palopo telah menganggarkan revitalisasi Istana dan FKN sebesar Rp5 miliar.

Sebelumnya, pemkot telah menganggarkan perbaikan Istana Datu Luwu sebesar Rp700 juta. Untuk FKN 2017, Cirebon jadi tuan rumah. Sedangkan tuan rumah FKN pada 2018 ditetapkan di Kabupaten Sumenep.(rhm/ary)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top