Desa Tugondeng Konsisten Kembangkan Komoditi Kakao – FAJAR sulsel
News

Desa Tugondeng Konsisten Kembangkan Komoditi Kakao

HERLANG, RADAR SELATAN.CO.ID Salah satu potensi yang menonjol di Desa Tugondeng, Kecamatan Herlang, adalah perkebunan, khususnya komoditi kakao. Jenis tanaman ini terus dikembangkan petani setempat sejak 2009 silam.

“Pada saat itu ada gerakan nasional peningkatan produksifitas kakao, saat itu masyarakat desa kami mulai menanam kakao”, ungkap Kepala Desa Tugondeng, Sirajuddin, Selasa 23 Mei.

Melihat perkembangan kakao saat ini, lanjut Sirajuddin, cukup menjanjikan dan bahkan telah membantu mengangkat kesejahteraan masyarakat di desanya. “Kalau kakao ada dua musim, yakni April dan Agustus. Dalam satu musim itu bisa empat kali panen, jadi dalam setahun biasa delapan kali panen”, jelasnya.

Keseriusan dan konsistensi masyarakat mengembangkan kakao juga sangat baik. Bahkan saat ini ,sekira 100 hektare lahan milik masyarakat menjadi pusat pengembangan dan budi daya kakao. “Cukup banyak, produksinya itu biasa sampai 500 kilogram per tahun, bahkan lebih”. tambahnya.

Selain itu, lanjut Sirajuddin, pemerintah daerah juga telah memberikan perhatian yang cukup serius dalam pengembangan kakao di desaya. Hampir setiap tahun, petani kakao mendapat bantuan baik berupa bibit, pupuk, dan lainnya.

“Kalau ada penyaluran (bantuan), pasti desa kami dapat. Karena memang desa kami menjadi salah satu desa penghasil kakao juga”, imbuhnya. (ria/man/c)

LANJUT RADAR SELATAN

loading...
Click to comment
To Top