Ada Bantuan Koperasi Pemula Rp27 Juta – FAJAR sulsel
News

Ada Bantuan Koperasi Pemula Rp27 Juta

PALOPO— Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah memiliki program bagi koperasi pemula dan wirausaha pemula. Untuk koperasi, ada bantuan modal usaha senilai Rp27 juta. Sedang wirausaha Rp10 juta hingga Rp13 juta.

”Kami selaku pemerintah di daerah, siap menfasilitasi pelaku koperasi dan wirausaha pemula yang di Palopo membuat proposal untuk diajukan ke Kemenkop-UKM secara online. Nanti itu ada komite yang menilai proposal tersebut.

Yang dinyatakan layak, akan dapat bantuan,” terang Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop-UKM) Palopo, Karno SSos yang dihubungi Palopo Pos, Kamis, 25 Mei 2017 kemarin.

Menurutnya, hal tersebut disampaikan pula pada sosialisasi tentang kebijakan UKM 2017 di kantornya, Jl. Andi Djemma Palopo, (23/5) lalu. Itu merupakan program kementerian.

Di tingkat Provinsi Sulsel, juga ada program bantuan wirausaha kelompok yang sudah berusia empat tahun. Ada juga program UKM Mart bagi koperasi. Sedang di tingkat Kota Palopo, Diskop-UKM memiliki program pelatihan manajemen, display produk, serta bantuan peralatan usaha.

Program-program tersebut disosilisasikan Diskop-UKM di hadapan pelaku UKM pemula Kota Palopo. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada pelaku UKM dalam hal kebijakan pemerintah tentang pemberdayaan UKM sebagai bagian integral ekonomi rakyat yang mempunyai kedudukan, peran dan potensi strategis untuk mewujudkan struktur perekonomian nasional yang makin seimbang dan berkeadilan.

Sebelumnya, Sekretaris Diskop-UKM Palopo, Zulkifli ST MSi menyampaikan program tentang pemberdayaan KUMKM (Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah) Palopo.

Beberapa program tersebut seperti, memberikan bantuan peralatan produksi melalui kelompok, pendampingan KUMKM oleh konsultan PLUT, fasilitas pemberian sertifikat tanah bagi UMKM, dan fasilitas pemberian IUMK melalui dinas penanaman modal dan pelayanan terpadu satu pintu. “Iintinya kami dari dinas koperasi siap membantu kalian semua,” ujarnya.

Tantangan yang biasanya dihadapi para UMKM juga tidak luput disampaikan. Menurutnya, SDM, pembiayaan, pemasaran, manajemen dan teknologi, dan kelembagaan merupakan suatu masalah yang biasa menjadi kendala.

Dari segala permasalah tersebut, Zulkifli kembali menekankan Dinas Koperasi siap memberikan bantuan dan menemukan solusi secara bersama. “Namun pasti juga tidak sembarangan yang kami bantu, harus memenuhi persyaratan,” ungkapnya. (mg6/ikh)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top