Puasa, ASN Jangan Malas-malasan! – FAJAR sulsel
News

Puasa, ASN Jangan Malas-malasan!

PALOPO – Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo diingatkan untuk tetap semangat dalam menjalankan kinerja selama Ramadan.

Puasa bukanlah alasan untuk bermalas-malasan.“Saya minta ASN tidak mengendur semangatnya selama puasa,” kata Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH kepada Palopo Pos, Minggu 28 Mei 2017.

Wali Kota tak ingin, puasa dijadikan alasan untuk tidak memberikan pelayanan secara maksimal. Sebaliknya, lanjut orang nomor satu di Kota Palopo ini, puasa harus dijadikan momentum untuk berlomba-lomba menambah amal dan meningkatkan produktivitas kerja.

“Jangan karena puasa, datang ke kantor malas-malasan, sering terlambat,” pesannya.
Apalagi, pemerintah sudah memberikan toleransi secara nasional selama Ramadan. Selama bulan puasa, jam kerja ASN berubah, sesuai dengan Surat Edaran Menpan-RB tentang penetapan hari kerja bagi PNS selama Ramadan.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, ada pemangkasan jam kerja selama Ramadan,” jelas mantan anggota DPRD Luwu ini.

Selain mengingatkan soal disiplin selama puasa, Wali Kota juga mengimbau para ASN muslim untuk meningkatkan ketakwaan terhadap Allah SWT selama Ramadan. Ini bisa ditunjukkan dengan membiasakan diri untuk salat berjamaah.

“Kita harapkan untuk salat Duhur bisa berjamaah di institusi masing-masing, sesuai edaran gubernur tentang salat tepat waktu. Setiap SKPD juga perlu ada kultum setiap duhur dan asar selama Ramadan,” imbaunya.

Sementara itu, Sekkot Palopo, Jamaluddin Nuhung mengatakan, pihaknya juga akan intensif mengawasi kedisiplinan aparatur sipil negara sendiri. Ia menekankan, kedisiplinan ASN tidak boleh kendor selama Ramadan.

Apalagi, pemerintah sudah membuat kelonggaran jadwal atau jam kerja. Sehingga, tidak ada lagi alasan untuk terlambat masuk kerja atau pulang lebih awal.
“Kedisiplinan ASN selama Ramadan akan lebih kita pantau,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi sudah menetapkan jam kerja bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) alias PNS, TNI, dan Polri saat bulan suci Ramadan 1438 Hijriyah/2017 Masehi.

Keputusan tersebut disampaikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur melalui Surat Edaran dengan Nomor 20 tahun 2017 tanggal 16 Mei 2017 yang berisi tentang jam kerja untuk menjadi acuan para ASN, TNI, maupun Polri.

Kabag Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setda Kota Palopo, Iwan Mursalim kepada Palopo Pos, Selasa 23 Mei 2017 mengatakan, surat edaran tersebut diteruskan Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo yang mana ditandatangani Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH untuk diedarkan ke seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Dalam surat edaran tersebut, kata Iwan, menyebutkan bagi pemerintah daerah yang melakukan 5 (lima) hari kerja, para pegawai masuk kerja mulai pukul 08.00 hingga 15.00. Itu berlaku untuk hari Senin sampai dengan Kamis. Khusus hari Jumat, jam kerja pukul 08.00-15.30 dan waktu istirahat 11.30-12.30.

”Hari Senin sampai dengan Kamis pukul 08.00 Wita hingga pukul 15.00 Wita. Sedangkan waktu istirahat pukul 12.00 Wita hingga pukul 12.30 Wita. Dan Jumat pukul 08.00 Wita hingga pukul 15.30 Wita. Sedangkan waktu istirahat pukul 11.30 Wita hingga pukul 12.30 Wita,” sebut Iwan kemarin.

Menurutnya, jumlah kerja efektif bagi instansi pemerintah pusat dan daerah yang melaksanakan 5 (lima) atau 6 (enam) hari kerja selama bulan Ramadan minimal 32,50 jam per minggu.

”Hal tersebut bertujuan agar pelayanan yang diberikan ASN atau Pegawai negeri Sipil (PNS) kepada masyarakat tetap berjalan dengan baik meskipun dalam kondisi berpuasa,” harapnya..

Diharapkan melalui surat edaran tersebut, para ASN dapat menjaga kualitas ibadah puasa selama bulan Ramadan, namun juga tidak mengabaikan tugasnya sebagai pelayan masyarakat.(rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top