Satu Unit Damkar Bandara Pongtiku Direlokasi ke Cirebon – FAJAR sulsel
News

Satu Unit Damkar Bandara Pongtiku Direlokasi ke Cirebon

MAKALE–Bandara Pongtiku kehilangan satu unit mobil pemadamnya dikarenakan mobil Damkar tersebut direlokasi ke Bandara Cakrabhuwana Cirebon Jawa Barat, Jumat 26 Mei 2017.

Unit Penerbangan dan Pemadaman Kebakaran (PKP-PK) milik Bandara Pongtiku ini direlokasikan ke Bandara Cakrabhuwana Cirebon untuk selanjutnya dioperasikan di Satpel Bandara Wiriadinata Tasikmalaya.

Unit Damkar yang direlokasikan ke Bandara Cakrabhuana Cirebon ini type V lama dengan kapasitas 2400 liter, pengadaan tahun 1992.

“Memang populasinya sangat terbatas, namun itu yang menjadikan suatu kendala pada saat terjadi kerusakan, spare partnya agak susah.

Makanya kita pake yang unitnya masih baru merek Scania dan Hino,” ungkap Kepala Bandara Pongtiku, Denny Arianto, Minggu 28 Mei 2017 kemarin.

Dikatakannya lagi, sewaktu Alek Rudi menjabat Kabandara Pongtiku. Ada kunjungan Komisi V DPR RI ke UPBU Pongtiku terkait masalah pembangunan Bandara Baru Buntu Kuni (BBK) di Kecamatan Mengkendek.

Saat itu, salah seorang anggota DPR RI yang ikut dalam rombongan merupakan warga asli Tasikmalaya. Yang kemudian meminta 1 unit mobil PKPPK UPBU Pongtiku untuk mendukung pelaksanaan dan pengoperasian Satpel Bandara Wiriadinata Tasikmalaya.

“Permintaan tersebut langsung ke Menteri Perhubungan. Dari risalah rapat pembahasan disepakati bahwa 1 unit mobil PKPPK dari UPBU Pongtiku direlokasi ke UPBU Cakrabhuwana Cirebonsejauh ini sesuai dengan PMnya,” imbuh Denny.

Meski jumlah Damkar berkurang namun menurut Denny hal itu tidak menurunkan grade dari pelayanan darurat di Bandara Pongtiku karena saat ini masih ada dua unit mobil PKPPK yg beroperasi di UPBU Pongtiku.(mg5/udy)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top