Waspada Mamin Kadaluarsa dr Ishak: Banyak Pedagang ‘Nakal’ – FAJAR sulsel
News

Waspada Mamin Kadaluarsa dr Ishak: Banyak Pedagang ‘Nakal’

PALOPO – Di bulan Ramadan, membuat permintaan masyarakat akan kebutuhan makanan dan minuman (Mamin) mengalami peningkatan dari sebelumnya. Tidak terkecuali di Kota Palopo. Momen ini pun dimanfaatkan oleh para pedagang ‘nakal’ untuk meraup keuntungan besar dengan menjual mamin kadaluarsa.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palopo terus mengimbau kepada pedagang dan juga masyarakat untuk lebih berhati-hati untuk menjual dan mengkonsumsi mamin. Mereka harus lebih teliti dengan melihat tanggal expire atau kadaluarsa barang tersebut.

“Saat membeli makanan atau minuman lihat dulu tanggal kadaluarsanya, momen bulan puasa kadang dimanfaatkan oleh pedagang nakal,” imbau Kepala Dinkes Kota Palopo, DR dr Ishak Iskandar, M.Kes kepada Palopo Pos belum lama ini.

dr Ishak mengimbau kepada pedagang untuk lebih teliti saat membeli barang berupa mamin yang dipasok distributor. Jangan membeli barang yang masa kadaluarsanya sudah dekat. Karena barang tersebut belum tentu laku terjual dalam waktu yang singkat.

”Pedagang kami imbau teliti dalam membeli mamin dari distributor. Karena kadang masa kadaluarsanya tak diperhatikan padahal sudah dekat,” katanya.
Selain itu, masyarakat juga diimbau untuk lebih berhati-hati membeli barang. Perhatikan masa kadaluarsanya.

”Masyarakat harus lebih jeli dalam membeli barang. Karena kadang banyak pedagang yang ‘nakal’ menyelipkan barang yang sudah kadaluarsa sehingga jika tak jeli barang kadaluarsa itu terbeli, dan dikonsumsi,” jelasnya lagi.

Ia menambahkan, juga diimbau para ibu rumah tangga (IRT) untuk berhati-hati membeli bumbu-bumbu kue yang tak ada label izin edar MD (makanan dalam negeri) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). (rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top