Tiga Kecamatan Disapu Longsor – FAJAR sulsel
News

Tiga Kecamatan Disapu Longsor

*Kepala BPBD: Korban Luka dan Jiwa Nihil

MASAMBA — Jalan yang menghubungkan tiga kecamatan yakni Kecamatan Sabbang, Rongkong, dan Seko tertimbun longsor, tepatnya di Dusun Kattong, Desa Malimbu, dan Dusun Lena, Desa Pararra, Luwu Utara, Senin 29 Mei kemarin, sekira pukul 01.00 wita dinihari.

Agar poros tersebut dapat dilalui kendaraan, Tim TRC BPBD Luwu Utara dibantu warga melakukan pengerukan jalan dengan cara manual, sehingga kendaraan roda dua sudah bisa melewati jalan yang disapu longsor tersebut.

“Awalnya warga menggunakan tenaga manual, namun kemudian alat berat kita datangkan. Alhamdulillah, jalan poros tersebut sudah dilalui kendaraan kendati masih terlibat berlumpur,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Luwu Utara, Ir Alauddin Sukri saat dikonfirmasi Palopo Pos siang kemarin.

Menurutnya, longsor mengakibatkan poros kecamatan Sabbang, Rongkon, dan Seko sempat terputus. Tidak tidak ada korban jiwa maupun luka, serta rumah yang rusak karena lokasi longsor bukan di perkampungan warga. “Pohon yang tumbang juga sudah selesai dibersihkn oleh TRC bersama masyarakat. Longsor itu terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Luwu Utara,” tandasnya.

Sebelumnya juga bencana kembali Desa Wara, Kecamatan Malangke, Minggu 28 Mei, lalu. Hujan deras menyebabkan luapan daerah aliran sungai rongkong. Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun sejumlah rumah warga digenangi air.

Menurut Kepala BPBD Luwu Utara, Ir Alauddin Sukri sebenarnya, pemerintah daerah telah lama akan menanggulangi banjir di desa tersebut.

Namun ada warga yang tidak mau memanfaatkan lahannya untuk membuat tanggul
Banjir juga melanda Desa Tamuku dan Batang Tongka. Banjir itu membuat rumah dan empang warga ikut rusak.

“Ikan bandeng dan ikan mas yang ada di empang kita pastikan lepas. Air dari Sungai Bone-Bone dan Sungai Kanjiro yang tinggi,” kata seorang warga Tamuku. Ketinggian air dipastikan bertambah. Debit air sungai makin bertambah, air laut pasang. Jadi akan meluap di pemukiman warga. (jun/him)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top