8 Balon Kembalikan Formulir di Hanura – FAJAR sulsel
News

8 Balon Kembalikan Formulir di Hanura

* Taslim: Walau Ketua Berganti, Proses Penjaringan Tetap Jalan Sesuai Mekanisme

PALOPO— Tim 7 DPC Partai Hanura Palopo telah menutup pendaftaran calon Walikota/Wakil Walikota Palopo. Dari 12 kandidat yang mengambil formulir, delapan orang mengembalikannya.

Empat pendaftar dipastikan gugur yakni H Zirmayanto SH, Karno SSos, dr Herman Jaya, dan Andi Sukma.

Delapan kandidat yang kembalikan formulir yakni Ir Khaerul Saad MT, Dr Akhmad Syarifuddin SE MSi (Ome), Drs HM Judas Amir SH (incumbent), Edi Maiseng, Budi Sada SIp MM, Basiruddin SKom, dr HA Thamrin Jufri MKes, dan Drs Ir Achmad Mas’ud MM.

Demikian diungkapkan Ketua Tim 7 Hanura Palopo, H Taslim Sabbara SH yang dihubungi, Selasa, 30 Mei 2017 kemarin. Menurutnya, pendaftaran yang dibuka sejak 21 April 2017 lalu, resmi ditutup pada 25 Mei 2017. ”Ada calon yang datang mendaftar setelah itu, tapi ditolak karena sudah lewat waktu,” terangnya.

Selanjutnya, kata Taslim, berkas balon yang kembalikan formulir, akan diserahkan ke DPD Hanura Sulsel. Penyerahannya akan dilakukan bersamaan dengan Luwu pada bulan Juli 2017. ”Makanya, kami menunggu Luwu. Proses sedikit mulur karena adanya pergantian Ketua DPD di provinsi,” terangnya.

Di DPD Sulsel, Tim 7 akan melakukan fit and proper test kepada semua balon yang telah mengembalikan formulir. Yang lolos fit, dilaporkan ke DPP Hanura. Selanjutnya, DPP menurunkan tim survei untuk mengukur tingkat elektabilitas masing-masing balon yang akan diusung oleh Hanura.

Perlu dipahami, kursi Hanura di DPRD Palopo ada dua. Sedang syarat mengusung satu pasangan calon di Pilwalkot 2018, minimal lima kursi. Dengan demikian, Hanura masih butuh koalisi untuk mengusung pasangan calon.

Mengenai pergantian pimpinan DPD Hanura Sulsel maupun DPC Hanura Palopo, Taslim menegaskan bahwa proses yang telah berlangsung tetap jalan sesuai mekanisme. Sistem penjaringan juga tidak berubah, walau terjadi pergantian pimpinan.

Calon yang diusung harus melalui proses dari DPC, DPD, dan DPP. ”Tidak bisa langsung-langsung ke DPD atau DPP tanpa mendaftar di DPC,” tandasnya. (ikh)

Kandidat Kembalikan Formulir

1. Ir Khaerul Saad MT
2. Dr Akhmad Syarifuddin SE MSi
3. Drs HM Judas Amir SH
4. Edi Maiseng
5. Budi Sada SIp MM
6. Basiruddin SKom
7. dr HA Thamrin Jufri MKes
8. Drs Ir Achmad Mas’ud MM.

* Sumber: Tim 7 DPC Hanura Palopo. (*)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top