Sungai Meluap, Marobo Banjir Lagi – FAJAR sulsel
News

Sungai Meluap, Marobo Banjir Lagi

*Pemukiman dan Perkebunan Ikut Terendam

PALOPO–Hujan deras yang mengguyur Palopo, sekira pukul, 20.30 Wita, Senin malam, 29 Mei 2017 mengakibatkan sungai Salubattang meluap.

Tanggul dan normalisasi sungai, sudah dilakukan. Namun, beberapa delta yang ada di sungai sampai detik ini belum dikerja, sehingga air dengan mudah tumpah dan merayap masuk ke pemukiman warga.

Selain itu, puluhan hektare perkebunan milik warga di Kelurahan Salubattang, Kecamatan Telluwanua Kota Palopo, ikut terendam air banjir.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah itu, tetapi kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Lurah Salubattang, Andi Baso Akbar SE, kepada Palopo Pos, Selasa, 30 Mei pagi kemarin, mengatakan, banjir di Salubattang sudah menjadi tradisi setiap hujan turun.

Solusinya hanya satu, ketika delta di sungai tersebut sudah dikerja, maka dirinya optimis banjir tidak lagi menjadi langganan di wilayah kerjanya, terkhusus di Lingkungan Marobo.

“Solusinya hanya delta yang harus dikerja dan itu sudah kami koordinasikan ke pemerintah tingkat atas dalam hal ini instansi terkait di Pemkot Palopo.

Semoga, secepatnya ada titik terang supaya penanggulangan bencana banjir di Kelurahan Salubattang, bisa teratasi,” beber Andi Baso Akbar.

Salah seorang IRT di Lingkungan Marobo, Kelurahan Salubattang Kota Palopo, Sinapati, mengatakan, jika pagi air meluap di bagian Lengkongjana, nanti sore hari barulah Marobo yang kedatangan tamu tak diundang (air, red).

Itu karena kiriman air dari Lengkongjana menyebabkan kampungnya ikut terendam banjir.

“Fenomena seperti ini sudah menjadi tradisi bagi kami warga Marobo, bahkan setiap hujan turun apalagi kalau dibagian hulu yang lebih dulu hujan, pasti Marobo akan terendam banjir,” pungkasnya.(ded)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top