BMKG Ingatkan Waspada Banjir dan Longsor – FAJAR sulsel
News

BMKG Ingatkan Waspada Banjir dan Longsor

* Hujan Lebat Berlanjut Pekan Depan

MASAMBA — Hujan lebat akan melanda Luwu Raya. Diperkirakan berlanjut sampai pekan depan. Untuk itu, BMKG mengingatkan masyarakat di daerah dataran waspada banjir dan tanah longsor.

Demikian disampaikan Prakirawan BMKG Masmaba, Annisa Puspa Rani, kepada Palopo Pos, Senin 29 Mei 2017, lalu, di ruang kerjanya.

Ini berdasarkan data dari satelit. ”Cuaca ekstrim masih melanda Luwu Raya, khususnya di daerah dataran. Dengan curah hujan dalam kategori lebat,” ujarnya.

Diperkirakan hujan akan turun hingga pertengahan Juni. ”Jadi hujan lebat masih akan datang hingga pekan depan,” tambahnya.

Karena itu, ia mewarning kepada masyarakat agar berhati-hati, khususnya masyarakat di daerah aliran sungai besar, dataran tinggi lereng gunung, serta waspada pohon tumbang.

”Untuk daerah pesisir pantai, cuaca normal saja. Tidak ada peringatan khusus,” imbuhnya.

Di Kota Palopo, lanjutnya, daerah yang rawan bencana berada di Kecamatan Mungkajang, Telluwanua, dan Wara Barat. Di Mungkajang dan Wara Barat zona tanah longsor, sedangkan di Telluwanua masuk zona banjir.

“Untuk antisipasi terjadinya banjir, kami harapkan masyarakat mulai sekarang aktif membersihkan saluran air atau selokan,” ujar Kepala BPBD Palopo, Hasan, S.Sos, kepada Palopo Pos, Selasa 30 Mei 2017, lalu.

Dan yang paling penting, lanjutnya, jika ada kejadian, langsung hubungi BPBD Kota Palopo. ”Bisa juga hubungi nomor saya 081343637861,” imbuh Hasan.(jun/ary)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top