Di Bulan Ramadan, Polres Sosialisasi Kamtibmas – FAJAR sulsel
News

Di Bulan Ramadan, Polres Sosialisasi Kamtibmas

BELOPA — Momentum bulan suci Ramadan dimanfaatkan oleh jajaran Polres Luwu untuk melakukan sosialiasi keamanan dan ketertiban masyarakat atau kambtibmas.

Hal ini dilakukan dengan melakukan sosialisasi di masjid-masjid maupun memanfaatkan sejumlah pertemuan.

Tidak hanya itu, bagi para pelanggar akan mendapatkan sanksi. Misalnya, yang melakukan balapan liar dan lainnya.

Seperti yang dilakukan oleh Kapolsek Ponrang, AKP Rusli Sandika yang melakukan sosialisasi dari masjid ke masjid di malam Ramadan.

Seperti yang dilakukan di Masjid Al-Ikhlas yang berada di Desa Muladimeng akhir pekan lalu. Di hadapan jamaah salat tarawih, Kapolsek Ponrang menitipkan pesan kepada jamaah salat tarawih tentang kamtibmas serta pentingnya membangun toleransi antar umat beragama dalam wadah NKRI.

“Kita harus membangun sikap saling menghargai antar umat beragama, karena ini adalah pondasi dalam bermasyarakat. Selain itu, saya sampaikan soal maklumat bersama Forkompimda Luwu tentang berbagai ketentuan yang harus ditaati selama bulan suci Ramadan, misalnya tidak membuka warung makan di bulan ramadan saat siang hari, jaga ketertiban,” ujarnya akhir pekan lalu.

Senada dengan itu, Aipda Fahmi, yang merupakan Bhabinkamtibmas dan Polisi Santri Polres Luwu, Sabtu 3 Juni pekan lalu juga, melaksanakan safari ramadan di Masjid Babul Khair Desa Sumabu Kecamatan Bajo. Di hadapan jemaah salat tarawih Aipda Fahmi membeberkan pencerahan tentang perilaku hidup dalam kebinekaan di Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Selain itu, mari kita sama-sama memperdalam ajaran agama islam, sehingga tidak terjebak dalam profokasi tentang perbedaan dalam segala pergumulan kehidupan,” ujar Aipda Fahmi.

Tidak hanya itu, jajaran Polsek Bua dan Ponrang bekerja sama untuk melakukan pengawasan di sejumlah titik yang dicurigai sebagai lokasi balapan liar. Salah satu yang menjadi perhatian adalah perbatasan yang berada di desa Lare-lare.

Untuk itu, selama bulan Ramadan lokasi tersebut terus dijaga oleh personel gabungan Polsek Ponrang dan Polsek Bua Polres Luwu, terutama di waktu sore dan pagi hari seperti Sabtu akhir pekan lalu.

Hasilnya, empat sepada motor diamankan petugas saat personel gabungan siaga di lokasi batas wilayah tersebut, empat orang pengendara sepeda motor dengan kecepatan tinggi mendadak berhenti sebelum sampai tempat siaga dan masuk ke pekarang sebuah rumah, ketika petugas mendatanginya keempat orang tersebut melarikan diri meninggalkan sepeda motornya.(fan/ary)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top