Kursi DPR Tambah 15, Negara Boros Rp 56 miliar per tahun – FAJAR sulsel
News

Kursi DPR Tambah 15, Negara Boros Rp 56 miliar per tahun

RADARBONE.CO.ID–Penambahan 15 kursi anggota DPR dari 560 menjadi 575 disayangkan Indonesia Budget Center (IBC). Pasalnya, penambahan tersebut berdampak juga terhadap anggaran negara yang tidak sedikit.

Dilansir dari JawaPos.com, Direktur Eksekutif IBC Roy Salam mengatakan, dengan bertambah 15 kursi, maka terjadi pemborosan anggaran sebesar Rp. 56 miliar per tahun. Mulai dari untuk tunjangan dan gaji, penambahan staf ahli, fasilitas kendaraan, rumah aspirasi hingga reses.

“DPR menganggap anggaran Rp56 miliar per tahun dianggap remeh temeh, ditengah Presiden Jokowi sedang berupaya melakukan penghematan anggaran dan pengetatan belanja konsumtif,” ujarnya.

Padahal, kata Roy, jika merujuk kajian pihaknya, penambahan jumlah anggota DPR yang sudah beberapa kali dilakukan tidak berdampak pada peningkatan kinerja. Sehingga keputusan tersebut sebetulnya banyak menimbulkan mudharat dibandingkan manfaatnya.

“Penambahan kursi justru memperumit proses pengambilan keputusan politik,” imbuhnya.

Dia juga menilai alasan alasan utama penambahan kursi DPR karena bertambahnya daerah baru dan bertambahnya jumlah penduduk bukan hal tepat. Sebab, hal itu bisa disiasati dengan redistribusi atau realokasi kursi dapil yang over representasi.

Atas beberapa pertimbangan diatas, Roy secara tegas menolak penambahan kursi anggota DPR. Dia juga mendesak pemerintah dan DPR bisa mendengarkan aspirasi masyarakat.

LANJUT RADAR BONE

loading...
Click to comment
To Top