Pelayanan Publik Pemkot Masih Lumayan – FAJAR sulsel
News

Pelayanan Publik Pemkot Masih Lumayan

*Ombusman Survei Sejumlah Kantor SKPD

PALOPO — Agar tercipta pelayanan yang baik di instansi pemerintahan, Ombudsman perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) turun melakukan survei kepatuhan pelayanan instansi pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, Rabu 7 Juni pagi, sekira pukul 09.00 Wita, kemarin.

Kepala Perwakilan Ombusman Provinsi Sulsel, Subhan mengatakan survei yang dilakukan semata-mata untuk menciptakan pemerintahan yang efisien dan bersih dengan pelayanan sebagaimana yang diamanatkan dalam undang-undang. “Ini bukan survei biasa, tapi luas biasa.

Hasilnya juga akan kita umumkan nanti. Apakah masuk zona kuning ataukah zona hijau,” kata Subhan, di sela-sela survei.

Instansi yang di servei Ombusman diantaranya Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Palopo, Dinas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dikdukcil), Dinas Pendidikan (Disdik) serta dinas lainnya di Kota Palopo.

“Untuk sementara pelayanan publik di kantor DPMTSP lumayan bagus, dimana fasilitas yang disediakan seperti WC dan ruang tunggu sudah terpenuhi. Demikian pelayanan pada dinas lainnya juga cukup baik,” kata Subhan.

Ombusman juga melakukan survei di Kantor Polres Palopo. Sejumlah ruang pelayanan di foto sebagai dukumentasi penilaian. Diantaranya ruang unit pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM), Reskrim, Intelkan, hingga ruang Provost.

Untuk pelayanan SIM, Ombusman menilai masih perlu dibenahi sebagaimana aturan pelayanan dalam perundang-undangan. “Pelayanan SIM masih perlu ditata dengan baik, demikian unit lainnya,” ujarnya.

Masih kata Subhan, bahwa penilaian kepatuhan pelayanan dilakukan sebagaimana ketentuan dalam Undang-undang Nomor 25 Tahun 2009 yang terdiri atas standar pelayanan, maklumat pelayanan, sistem informasi pelayanan publik, sumber daya manusia, unit pengaduan, sarana bagi pengguna layanan kebutuhan khusus dan masih banyak lagi.

“Jadi berdasarkan hasil survei nantinya, ada tiga zona yang tersedia. Yakni zona merah menandakan pelayanan masih rendah, zona kuning pelayanan sedang, serta zona hijau pelayanan yang paling tinggi,” tandasnya. (him/rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top