Tak Kantongi Izin Edar, Ratusan Bahan Kue Diamankan – FAJAR sulsel
News

Tak Kantongi Izin Edar, Ratusan Bahan Kue Diamankan

*Dinkes: Soal Asal Obat, Pemilik Toko Kelontong tak Bisa Ajukan Bukti

PALOPO — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palopo bersama Polres Palopo dan Satpol PP kembali melakukan sidak. Jika sebelumnya ratusan obat disita, kini ratusan botol bumbu kue diamankan. Alasannya, bumbu kue tersebut tidak memiliki izin edar.

“Sudah pernah kami tegur, tetapi masih juga dijual, makanya kita sita,” kata Kepala Seksi Farmasi dan Minuman Dinkes Kota Palopo, Muhammad Mun’im, S.Farm Apt, usai melakukan operasi pengawasan dan penertiban mamin di kawasan PNP dan mini market, Rabu 7 Juni 2017.

Menurutnya, barang tersebut diamankan di Mako Polres Palopo. Terkait ratusan obat label merah dan biru yang diamankan, Mun’im mengatakan, bahwa, pemilik toko kelontong tersebut memang menunjuk salah satu apotik dan toko obat di Kota Palopo.

“Hanya saja, dia tak memiliki bukti berupa faktur pembelian obat dari apotik itu, andaikan ada, tentu bisa kita tindaklanjuti, tetapi tidak ada,” sebutnya.

Terpisah, Kanit Tipikor Polres Palopo, Ipda Muh Jayadi, yang dimintai keterangannya, menyebutkan, operasi kemarin, menyasar mamin kadaluarsa, tidak terdaftar di POM, tidak memiliki label, gula rafinasi dan penimbunan sembako.

Toko yang diperiksa, masing-masing adalah toko barang campuran di PNP, Mega Plaza, Sejahtera, dan Swalayan Matahari.

Dari sekian toko barang campuran dan swalayan, ada satu toko barang campuran yang menjual sembilan jenis bahan kue yang tidak memiliki izin dari BPOM. Yakni di toko Aneka Rempah di Jl Mangga.

“Yang kami sita adalah Benzoat 22 lusin, bahan cake dan cap jangkar ada 30 dos, Amonia ada 8 botol, soda kue 3 botol, VX 1 lusin, galbert 1 lusin, ada 3 lusin emplex dan cream of tar 2 lusin,” sebutnya.

Lanjut dia lagi,” barang-barang yang ditarik oleh Dinkes kini diamankan di Polres Palopo,” tandasnya.(ara/rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top