Tim Safari Ramadan Naik Motor Butut – FAJAR sulsel
News

Tim Safari Ramadan Naik Motor Butut

Hawa dingin di ketinggian kecamatan Bastem Utara disertai hujan deras dan jalan berlumpur tak menyurutkan langkah Tim Safari Pemkab Luwu untuk menjalin silaturahmi dibulan suci Ramadan ini. Walaupun minim pejabat yang ikut serta, dan tidak dilengkapi mobil dinas, mereka menembus dinginnya malam untuk melaksanakan syiar agama.

Laporan : Andrie Islamuddin

Tim Safari Ramadan Pemkab Luwu, yakni Kasubag Kerukunan Antar Umat Beragama dan Pembinaan Masyarakat, Bagian Kesra Setdakab Luwu, Baderulah S.Ag, MM dan Ketua Persamil Luwu Tasrum S.Pd, MM Selasa siang setelah Dhuhur sudah bergegas dari Belopa menuju Kota Palopo bersama Plt Camat Bastem Utara H Bustam Dengan menggunakan mobil dinas Camat Bastem Utara. Setelah tiba di Kota Palopo, usai menunaikan shalat asar dua orang ini langsung menuju ke Desa Bonglo kecamatan Bastem Utara.

“Kami harus menggunakan motor untuk ke Desa Bonglo Kecamatan Bastem Utara, menurut informasi jalan disini banyak longsor karena saat ini musim hujan. Semenara itu rekan kami yang menuju Bastem harus lewat Bajo karena lebih dekat,” ungkap Tasrum dan Baderullah yang dibonceng Camat Bastem Utara dan stafnya.

Selama dalam perjalanan mereka harus rela turun dari boncengan karena kondisi jalan yang sangat becek, tanjakan dan terjal. Namun dalam kondisi sedang berpuasa mereka tetap bersemangat untuk dapat sampai ke Desa Bonglo karena harus buka puasa bersama dan melaksanakan ceramah shalat tarawih di Masjid Nurul Yaqin Bonglo. ” Kami harus mempercepat jarak tempuh karena kalau jam 5 sore, wilayah ini sudah diguyur hujan karena berada diatas ketinggian.

Puasa Ramadan nampaknya membawa berkah, walaupun dengan motor butut dan dibonceng Plt Camat Bastem Utara dan stafnya, kedua orang ini akhirnya tiba sekitar pukul 17.30 Wita di rumah kepala desa Bonglo, dan tidak cukup dua menit beristirahat hujan deraspun turun.

Baderulah mewakili Bupati Luwu HA Mudzakkar, dihadapan umat muslim/muslimah Desa Bonglo menyampaikan salam hormat Bupati Luwu HA Mudzakkar yang tidak sempat hadir karena harus berangkat ke Makassar malam yang bersamaan.

“Beliau berpesan dan mengajak kita semua untuk mengisi bulan suci Ramadan ini dengan memperbanyak amalan kebaikan. Dan yang tidak kalah pentingnya beliau mengajak umat muslim untuk menunaikan zakat fitrah dan zakat harta,” kata Baderullah.

Ketua Persamil Tasrum SPd, MM yang tampil sebagai penceramah mengatakan, bulan suci Ramadan ini sangat mulia, karena dibulan ini pula 4 Rukun Islam bisa dilaksanakan sekaligus oleh umat muslim/muslimah, yakni bersaksi kepada Tuhan, mendirikan Shalat, Berpuasa dan Berzakat fitrah.

“Semoga dalam berpuasa dibulan sci Ramadan selama sebulan ini kita bisa keluar menjadi orang-orang yang Muttaqin. Untuk itu perbanyaklah berbuat amal kebaikan, termasuk tadarrus,” jelas Tasrum.

Untuk pulang kembali ke rumah usai melaksanakan Safari Ramadan, bagi Tim Pemkab Luwu-Persamil ini bukan perkara mudah. Pasalnya, ditengah malam sehabis hujan deras kondisi jalan yang curam dan dikelilingi jurang itu juga ikut berlumpur dan lebih sulit lagi dilewati ketimbang saat akan datang ke desa ini Bonglo.

“Kami harus naik turun motor Pak, sebab jalan memang berlumpur dan motor ini kesulitan melintas apabila berboncengan. Kami juga bersyukur karena terhindar dari derasnya air sungai yang bisa membawa kami hanyut,” tandas Baderullah dan Tasrum. (and/rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top