Randis Bupati Luwu Dilelang – FAJAR sulsel
News

Randis Bupati Luwu Dilelang

* Bersama 26 Randis Aset Pemkab

BELOPA — Sebanyak 27 unit kendaraan dinas (randis) yang merupakan aset milik Pemkab Luwu dengan umur kendaraan mulai tahun 1991 hingga 2006, Rabu 7 Juni 2017, kemarin, dilelang terbuka oleh Pemkab Luwu bekerjasama dengan KPKNL Palopo.

Harga pembukaan lelang 24 mobil dinas dan 3 unit motor dinas tersebut bervariatif. Mulai yang terkecil 1 unit sepeda motor seharga Rp255 ribu, hingga yang termahal mobil dinas merek Mitshubshi Pajero senilai Rp117 juta dan Nissan Terrano senilai Rp52 juta lebih.

Pelaksanaan lelang terbuka mobil dan motor dinas yang menjadi aset milik Pemkab Luwu ini dipimpin langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu H Syaiful Alam SE, MM selaku Pengelola Barang Milik Daerah.

“Pelelangan ini merupakan sejarah bagi Pemkab Luwu. Karena baru pertama kali kita lakukan secara terbuka dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Tentu di sana ada ketidakpuasan, tetapi itulah, pelelangan ini merupakan komitmen kita untuk senantiasa menaati peraturan yang ada,” ungkap Syaiful Alam.

Sementara itu, Kepala Bidang Aset Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Luwu, Askar SE, mengatakan, pelelangan ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan dan bertujuan untuk efisiensi penggunaan aset daerah, dan hasil lelang ini bisa menjadi pendapatan asli daerah.

“Setiap benda yang terinventarisasi untuk kegiatan masing-masing dinas atau intansi di Pemkab Luwu pasti mengalami penyusutan, sementara itu dalam anggaran operasionalnya memerlukan pembiayaan dan pemeliharaan yang tiap tahunnya akan dijadikan atau dicatat sebagai beban anggaran pendapatan dan beban pada sisi belanja daerah. Oleh karena itulah kita lakukan kegiatan penghapusan aset milik daerah dengan cara dilelang,” ungkap Askar.

Dari pantauan harian Palopo Pos, pelaksanaan lelang terbuka Randis Pemkab Luwu nampak pula diikuti sejumlah peserta lelang termasuk beberapa pejabat eselon III dan eselon II lingkup Pemkab Luwu. Dan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku, keikutsertaan sejumlah pejabat eselon II tersebut dibenarkan.

Sumarlin, salah seorang anggota masyarakat yang menawar kendaraan dinas jenis Daihatsu Hiline 69 dengan harga pembukan lelang sebesar Rp7 juta lebih, berhasil memenangkan lelang tersebut dengan penawaran tertinggi yakni sebesar Rp15 juta lebih.

Sementara itu, mobil dinas Bupati Luwu merek Mitshubshi Pajero senilai Rp117 juta dengan usia kendaraan 14 tahun belum laku terjual. Total jumlah Randis yang laku terjual Rabu lalu sebanyak 15 unit.
“Lelang terbuka ini memang baru pertama kali

dilaksanakan Pemkab Luwu. Makanya, kita berupaya semaksimal mungkin melakukan sosialisasi terhadap syarat-syaratnya. Kami dari KPKNL Palopo akan melakukan kegiatan ini sesuai aturan yang berlaku.

Termasuk aturan yang menyatakan bahwa hasil lelang ini ada yang masuk ke kas negara sebesar 2 persen. Termasuk setoran tidak boleh melebihi yang sudah ditetapkan karena itu menjadi ketentuan mutlak yang diatur dalam aturan lelang,” kata Markus sebagai Pejabat Lelang kantor KPKNL Palopo.(and/ary)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top