Stok Melimpah, Bawang Merah Turun – FAJAR sulsel
News

Stok Melimpah, Bawang Merah Turun

* Harga Bawang Putih Tinggi, Capai Rp50 Ribu per Kg

PALOPO-– Di bulan Ramadan ini, rata-rata bumbu dapur mengalami kenaikan harga. Tapi lain halnya dengan bawang merah. Bumbu dapur ini harganya mulai merangkak turun lantaran stok yang melimpah di pasaran.

Saat ini harga eceran tertinggi (HET) bumbu dapur ini di Pusat Niaga Palopo (PNP) seharga Rp20 ribu per kg.

Menurut salah seorang pedagang bawang merah yang ada di PNP, Madjid kepada Palopo Pos, Sabtu, 10 Juni 2017 lalu, turunnya harga bawang merah ini sudah berjalan sejak akhir bulan Mei.

Selama beberapa minggu terakhir ini harga bawang merah mengalami penurunan secara bertahap. Mulai dari harga Rp35 ribu menjadi Rp25 riu hingga pada akhirnya menjadi Rp20 ribu perkilogramnya. “Baru beberapa hari ini turun jadi Rp20 ribu,” ujarnya.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Palopo, Amaluddin yang dihubungi Palopo Pos, Sabtu, 10 Juni 2017 lalu mengungkapkan, turunnya harga bawang merah ini disebabkan jumlah stok yang melimpah. Hal itu karena saat ini merupakan masa panen.

“Bima, Jeneponto, dan Enrekang yang selama ini menjadi pemasok lagi panen jadi banyak stoknya baru permintaanya masih normal,” ujarnya.

Berbeda dengan bawang merah yang mengalami penurunan, harga bawang putih justru masih relatif tinggi.

Saat ini harga yang ditawarkan di PNP sebesar Rp50 ribu kilogramnya. Tingginya harga bawang putih ini menurut Amaluddin tidak terlepas dari jumlah stok yang terbatas.

“Kurang ki barangnya karena memang sebagian besar masih di impor dari Thailand,” terang Amaluddin. (cr1/ikh)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top