Target PAD 2 M Untuk OW Patung Raksasa Buntu Burake – FAJAR sulsel
News

Target PAD 2 M Untuk OW Patung Raksasa Buntu Burake

MAKALE–Sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tana Toraja dari sektor pariwisata mengalami penambahan. Menyusul diterapkannya retribusi masuk ke obyek wisata religi patung raksasa Buntu Burake. Dimana sudah mulai diterapkan pada tanggal 1 Juni 2017 lalu.

“Wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berwisata ke objek wisata Buntu Burake. Sudah dikenakan retribusi masuk,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Tana Toraja, Jidon Sitohang Kepada Palopo Pos, Senin, 12 Juni 2017.

Pemberlakuan retribusi masuk ke objek dengan icon patung raksasa Yesus Kristus itu. Otomatis akan mendongrak PAD untuk sektor pariwisata. Meski, retribusi itu baru diberlakukan bulan Juni ini. Namun, Dinas Pariwisata menargetkan PAD dari objek wisata Buntu Burake hingga akhir tahun 2017 sebesar Rp2 miliar.

Target tersebut dinilai realistis mengingat kunjungan wisatawan ke obyek wisata Buntu Burake cukup tinggi. Pada tahun 2016 lalu, kunjungan wisatawan di obyek wisata Buntu Burake mencapai satu juta. Diperkirakan jumlah wisatawan tahun 2017 ke obyek wisata itu mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

“Kami optimis target PAD dari retribusi masuk obyek wisata Burake Rp2 miliar bisa tercapai hingga akhir Desember 2017,” ujar Jidon yang juga mantan Kabag Humas Setda Tana Toraja.

Perlu diketahui, retribusi masuk objek wisata Buntu Burake untuk wisatawan lokal Rp10.000 per orang dan wisatawan mancanegara Rp20.000 per orang.(mg5/udy)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top