Keuangan Lurah Harus Transparan – FAJAR sulsel
News

Keuangan Lurah Harus Transparan

*Launching Aplikasi Dapokel

PALOPO — Data Pokok Kelurahan (Dapokel) terdiri dari beberapa data pokok, termasuk data keuangan di kelurahan harus dilampirkan, agar transparan.

Pelayanan prima di kantor kelurahan tidak boleh kalah saing dengan pelayanan instansi swasta. Makanya itu, perlahan semua harus dibenahi. Termasuk administrasi di tiap-tiap kelurahan.

Untuk itulah, Bagian Pemberdayaan Masyarakat dan Kelurahan Setda Palopo memperkenalkan aplikasi Dapokel kepada lurah yang ada di wilayah Kota Palopo, Selasa 13 Juni 2017.

Menurut Kasubag Pengembangan Pelaksanaan, Prasarana Teknologi tepat guna setda Palopo, Muh Amin, Dapokel ini singkatan dari data pokok kelurahan.

“Sosialisasi ini memberikan gambaran bagaimana penyajian dapokel dalam waktu cepat dan akurat,” katanya.
Di dalam dapokel terdiri dari beberapa data pokok.

Termasuk data keuangan di kelurahan juga harus dilampirkan. Alasannya biar transparan.
“Ini sesuai dengan profil desa atau kelurahan yang dikembangkan.

Mulai dari data personil dan data umum lainnya, termasuk data keuanganan. Intinya, data-data pokok yang ada di kelurahan akan kita tampilkan melalui aplikasi ini,” sebutnya.

Dapokel, kata dia, sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri terkait pedoman penyusunan desa dan kelurahan. “Kita mencoba membuat inovasi sederhana. Semua data data di kelurahan bisa seragam. Jadi kita minta dukungan semua pihak,” tandasnya.

Asisten I Bidang Pemerintatahan Setda Palopo, Burhan Nurdin saat membuka acara itu, menegaskan, Dapokel merupakan inovasi kreativitas yang tujuannya mempermudah administrasi.

“Kita harus bekerja secara luar biasa. Kedepan kita mampu bersaing dengan swasta dalam segi pelayanan. Ini penting,” tandasnya. (ara/rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top