Bukber di Palopo Pos Balon Sepakat Ciptakan Pilkada Damai – FAJAR sulsel
News

Bukber di Palopo Pos Balon Sepakat Ciptakan Pilkada Damai

PALOPO — Kebersamaan para bakal calon wali kota dan wakil wali kota kembali terulang. Dari gedung berlantai 2, kebersamaan mereka kembali menyatu di acara buka puasa bersama yang digelar kantor Harian Palopo Pos.

Disaksikan ratusan mata dan di bawah sorotan lampu jalan, keluar kalimat yang semua orang inginkan dalam menghadapi momen seperti ini. Pilwalkot Palopo! Balon yang sedang berjuang masuk jadi calon sepakat menciptakan pilkada aman dan damai. Tanpa dikomando.

Sebagai bukti dari ungkapannya ini, mereka saling bergandengan tangan. Kebersamaan seperti akan dijaga sampai kelak benar-benar bisa jadi calon.

”Kita mau pilwalkot Palopo berlangsung aman dan damai. Saya kira tugas kita juga ini untuk saling mendukung,” ujar Edy Maiseng, bakal calon wali kota Palopo.

Hal itu langsung disambut baik oleh balon lainnya. Seperti Budi Sada, Asdar Thosibo, Mustahir Sidu, dan Hatta Toparakkasi.

”Moment-moment seperti ini yang harus kita bangun di antara kita para bakal calon,” tambah Budi Sada.
Awalnya, hanya Emas dan SMS yang terlibat perbincangan serius dengan sejumlah wartawan.

Tidak lama kemudian ikut gabung Budi Sada, Asdar Thosibo. Hatta Toparakkasi yang ikut gabung saat melihat pemandangan yang sangat positif tersebut. ”Mantap ini,” ucapnya.

Siapa tahu dari kebersamaan seperti ini, ada ide muncul untuk bersatu menghadapi pilwalkot Palopo. Dalam artian bisa berpaket. ”Bisa saja itu terjadi.

Kalau di antara mereka ada deal yang terbangun. Apalagi, saat ini belum ada yang jelas partainya,” ucap salah seorang tamu yang melihat kebersamaan tersebut.

Ketua KPU Haedar Djidar tidak dapat menyembunyikan kegembiraannya, melihat moment-moment tersebut. ”Kita mau ini terus dipupuk untuk menjaga tali silaturahmi,” kata Haedar Djidar.

Sekkot Palopo Jamaluddin Nuhung dan sejumlah pejabat eselon II yang menyaksikan kebersamaan sesama para balon langsung melemparkan senyumannya. Kebersamaan itu diakhiri dengan foto bersama. Usai foto bersama, para balon terlihat sibuk meladeni pertanyaan para awak media yang ikut serta dalam buka puasa bersama tersebut.

Sementara itu, Dandim 1403 Sawerigading Letkol Kav Cecep Tendi Sutendi dan Kapolres Palopo AKBP Taswin, tiba bersamaan di acara buka puasa bersama. Kedatangan dandim dan kapolres langsung disambut Direktur Utama Amran Suyuti. Mereka duduk satu meja dengan Asdar Thosibo.

Dandim dan kapolres mengaku telat menghadiri acara buka puasa bersama di kantor Palopo Pos, karena saat bersamaan dandim juga menggelar acara buka puasa.

Di meja bundar, dandim dan kapolres terlihat santai dan sambil menikmati menu buka puasa. Dandim dan kapolres juga terlibat diskusi lepas. Selain soal pengamanan kota, mereka juga nyerempet ke persiapan menghadapi pilwalkot Palopo.

Kaitannya dengan itu, Asdar Thosibo memberi masukan kepada kapolres dan dandim soal persiapan menghadapi tahun politik tersebut. Karena akan ada pilwalkot Palopo dan pilgub Sulsel.

Kata Asdar, diharap agar aparat keamanan sejak dini mewaspadai dengan mlakukan antisipasi dini dan memetakan titik-titik rawan konflik pilkada agar tidak lagi terjadi kerusuhan seperti pada pilwalkot 2013.

”Insya Allah, jika semua komponen yang terlibat dalam pilkada bekerja secara profesional, berintegras, netral, memahami dan menjunjung tinggi demokrasi dan hukum, maka apapun hasilnya akan diterima baik,” ucap Asdar.

Stakeholder yang dimaksud Asdar adalah penyelenggara, panwas, pasangan calon dan timnya. ”Dan yang tidak kalah penting bagi para calon nantinya adalah harus siap menang dan siap kalah,” ungkapnya.(ary)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top