DP4 Rampung, Data Terakhir 143 Ribu Pemilih – FAJAR sulsel
News

DP4 Rampung, Data Terakhir 143 Ribu Pemilih

* Semuanya Kelar di Bulan Oktober

PALOPO — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Palopo dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo melakukan koordinasi membahas pemutakhiran data pemilih berkelanjutan di Rumah Pintar, Kantor KPU Palopo, Selasa 13 Juni 2017, lalu.

Hadir pada kegiatan tersebut Sekretaris Kota Palopo, H Jamaluddin Nuhung, SH, MH, Asisten I Pemkot Palopo, Drs Burhan Nurdin, Kadisdukcapil, Asir Mangopo, camat se Kota Palopo, serta sejumlah pimpinan partai.

Ketua KPU Palopo Haedar Djidar, mengungkapkan bahwa adapun kegiatan rapat koordinasi terus dilakukan untuk mengevaluasi sejauh mana kesiapan KPU dan Pemkot Palopo dalam penyelenggaraan Pilkada yang rencananya akan masuk pada tahapan awal, Agustus mendatang.

Disampaikannya, berdasarkan koordinasi yang dilakukan dengan Dukcapil dari dua ratusan ribu jumlah warga Kota Palopo, data yang diterima 143 ribu diantaranya merupakan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) yang nantinya menjadi Daftar Pemilih Sementara.

“Namun jumlah ini masih terus berubah, karena Dukcapil masih melakukan pemutakhiran,” sebutnya.
Kadisdukcapil, Asir Mangopo menyampaikan bahwa untuk DP4 pihaknya menjamin akhir Oktober semunya akan kelar. Yang pasti pihaknya terus bekerja bersama dengan pemerintah kelurahan dan kecamatan.

Untuk itu, hingga saat ini, pihaknya fokus pada pembersihan KK. Apakah orangnya masih ada ataukah sudah tidak ada. Bisa saja karena meninggal. Termasuk akta kelahiran. Jika semuanya beres, pihaknya secepatnya selesaikan E-KTP.
“Karena E-KTP ini penting, persyaratan wajib bagi peserta pemilih,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekkot Palopo, H Jamaluddin Nuhung, SH, MH menyampaikan bahwa untuk pilkada mendatang semua instansi terkait harus bekerja keras. Jangan sampai ini dianggap enteng. Apalagi yang namanya pilkada ini satu suara saja ini bisa membuat perbedaan,” katanya.

“Masalah pemlih potensial harus diperhatikan baik-baik. Mulai dari tingkat kelurahan hingga tingkat yang paling atas,” ungkapnya.

Untuk diketahui, pada rapat koordinasi KPU dan Pemkot Palopo dilanjutkan dengan buka puasa bersama. Setelah buka puasa bersama, KPU Palopo bersama Sekkot Palopo menerima rombongan Kapolres Palopo, AKBP Taswin, SIk meninjau Rumah Pintar KPU. (ich/ary)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top