Gula Rafinasi Dijamin tak Beredar di Lutim – FAJAR sulsel
News

Gula Rafinasi Dijamin tak Beredar di Lutim

MALILI – Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop) dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Luwu Timur menjamin tidak ada gula rafinasi yang beredar di pasaran maupun di toko di Kabupaten Luwu Timur.

“Gula rafinasi tidak boleh dikonsumsi langsung tanpa melalui proses, Selain itu, gula ini juga dilarang keras untuk diperjualbelikan secara bebas di pasaran,” kata Kepala Disperindagkop Luwu Timur, Rosmyati kepada Palopo Pos, Jumat 16 Juni 2017.

Dijelaskan Rosmiyati, jika gula jenis rafinasi ini dikonsumsi langsung oleh masyarakat ini dapat membahayakan kesehatan manusia.

“Alhamdulilah, selama beberapa hari kami menggelar sidak di pasar dan toko-toko, tidak ada ditemukanya gula rafinasi yang diperjualbelikan,” ungkapnya kemarin.

Untuk itu, Disperindagkop dan UKM Luwu Timur juga memastikan, dengan dilaksanakannya sidak di berbagai toko dan pasar yang ada di Luwu Timur itu menjadikan pasaran di Luwu Timur aman dari gula tersebut.
“Semua diperiksa mulai dari toko moderen, pasar, dan penyalur, semuanya aman,” tegasnya.

Untuk diketahui, gula rafinasi yang sejatinya diperuntukkan untuk konsumsi industri , kini beredar luas dalam bentuk eceran dikalangan masyarakat, seperti pasar tradisional dan pasar modern.

Pasalnya, jika dikonsumsi secara berlebih, gula yang terlihat lebih putih dibandingkan gula pasir pada umumnya, ternyata berdampak buruk pada kesehatan
Kalau di konsumsi langsung dalam jumlah banyak setiap hari akan mengakibatkan osteporosis, diabetes, bahkan sampai pada penyakit kanker.

Selain mendistribusikan gula dengan merk ‘Sari Wangi’ dalam bentuk eceran dibeberapa toko di sekitar Sulawesi Selatan. Gula ini juga ternyata sudah beredar luas di wilayah Kendari Sulawesi Tenggara, Palu Sulawesi Tengah, Papua, Kupang dan Kalimantan Utara.(krm/rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top