‘Quality Time’ di Bulan Ramadan – FAJAR sulsel
News

‘Quality Time’ di Bulan Ramadan

* Dewi Mulya Sari, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palopo

BULAN Ramadan bukanlah menjadi alasan untuk bermalas-malasan. Malah di bulan suci ini dijadikan momen untuk lebih giat dalam bekerja. Hal itu dilakukan sosok female kita pekan ini. Bahkan, quality time (waktu berkualitas) bersama keluarga pun lebih ditingkatkan.

Dia adalah Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palopo, Dewi Mulya Sari. Meski sibuk dengan aktivitasnya sebagai seorang wanita karier, namun Dewi tetap menomorsatukan kodratnya sebagai isteri dan ibu dari dua buah hatinya. Ia berupaya membagi waktunya agar tak ada kesan suami dan anak-anaknya menjadi tersisih atau kurang perhatian darinya.

Saat ditemui di ruang kerjanya, Dewi bercerita kalau dirinya dan suami terpisah jarak kurang lebih 300 Km. Suaminya dan anaknya yang pertama berada di Makassar, sedangkan dia bersama anak keduanya berada di Kota Palopo. ‘’Namanya risiko pekerjaan kita harus jalani dengan ikhlas,’’ sebut Dewi, Jumat 16 Juni 2017.

Meski menjalani long distance relationship (LDR) bersama sang suami, namun itu tak mengurangi rasa sayang mereka satu sama lainnya. Ia mengupayakan setiap pekannya bertemu untuk melepas kangen dengan keluarganya. Anak-anaknya pun terlatih lebih mandiri di berbagai kondisi.

‘’Itulah suka duka menjadi wanita karier. Berpindah-pindah dari suatu daerah ke daerah lainnya berpisah dengan keluarga sudah menjadi risiko yang harus dijalani. Namun, suami saya sangat mendukung, anak-anak juga ikut ngerti kalau pekerjaan ibunya seperti ini,’’ sebut Dewi yang telah bekerja di BPJS Ketenagakerjaan 16 tahun lamanya.

Dewi bercerita, sejak mulai bekerja di Jamsostek yang sekarang berganti nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan sejak tahun 2000 di Makassar. Setelah 3 tahun pindah ke Palu, Manado, Parepare, dan saat ini di Kota Palopo. ‘’Tugas di Kota Palopo sudah 3 tahun lamanya, dan kemungkinan akan dipindahkan lagi, belum tahu dimana,’’ jelasnya.

Di bulan Ramadan ini, Dewi mengupayakan setiap pekannya bertemu dengan keluarga kecilnya. Berbuka puasa dan sahur bersama. ‘’Hampir tiap pekan saya ke Makassar agar bisa puasa bareng dengan keluarga saya. Saat bertemu saya pun memasak makanan kesukaan mereka. Apa saja sesuai request. Hehe,’’ kata Dewi yang juga hobi masak.

Dewi menjelaskan, meluangkan waktu bersama anak-anak menjadi saat yang menyenangkan, sekaligus edukatif sifatnya. Inilah kesempatan bagi dirinya untuk saling berbagi, belajar dan memahami satu sama lain dengan lebih santai.

Hal ini mencakup kegiatan keseharian dalam arti luas, dari ngobrol bareng, saling membantu pekerjaan kecil di dapur, makan siang/malam bersama, nonton tivi bareng sambil berdiskusi, berenang bersama, berkebun, bersih-bersih atau menata rumah, bahkan bertandang ke famili di lain tempat, dan lain-lain.

‘’Yang jelas, kegiatan bersama keluarga tidaklah harus mengeluarkan biaya atau menguras dana keluarga, namun sedemikian rupa hingga menjadi kegiatan yang bermanfaat dan memuaskan semua anggota keluarga, itulah yang saat ini saya jalani,’’ jelasnya lagi.

Ibu dua anak yang dikenal disiplin ini menjelaskan, quality time bersama keluarga sama sekali tidak bisa digantikan dengan pemberian materi dan fasilitas berlimpah kepada keluarga. Kebersamaan yang bermakna, bukan selalu berarti melakukan banyak hal bersama-sama. Ada saat ketika masing-masing anggota keluarga memerlukan kegiatan individu, dan ada pula saat lain ketika masing-masing membutuhkan perasaan sebagai bagian dari sebuah keluarga yang hangat, penuh kasih sayang, perhatian dan cinta.

Selain memasak, Dewi pun juga memiliki hobi traveling. Sejumlah negara pun sudah dia kunjungi bersama keluarganya maupun teman-temannya. Hobi traveling ini juga digunakan untuk membangun kedekatan atau memanfaatkan quality time bersama keluarga serta teman-temannya. (rhm/ary)

BIODATA
Nama : Dewi Mulya Sari
TTL : Makassar, 23 Januari 1975
Jabatan : Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Palopo
Suami : Idrus
Anak : 1. Ataya Jihan
2. Naila Latifa
Hobi : Masak dan Traveling

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top