300 Aparat Show of Force – FAJAR sulsel
News

300 Aparat Show of Force

* Kapolres Pimpin Apel Ops Ramadniya Amankan Lebaran

PALOPO— Kapolres Palopo yang baru, AKBP Taswin SIK MH betul-betul ingin menciptakan situasi aman jelang, hari H, dan pasca lebaran di Kota Palopo. Tak tanggung-tanggung, sebanyak 300 aparat gabungan dilibatkan dalam Operasi Ramadniya 2017.

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Senin, 19 Juni kemarin, sekira pukul 08.00 Wita, Polres Palopo menggelar apel pasukan yang dipimpin langsung Kapolres Palopo AKBP Taswin. Apel gelar pasukan yang diberi sandi Operasi Ramadniya 2017 ini dilaksanakan di halaman Mapolres Palopo.

Apel tersebut dihadiri pula unsur Muspida serta peserta lainnya seperti, pasukan TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Satpol PP, SubDen POM, Damkar, Bankom, dan Senkom. Barisan gabungan ini dipersiapkan untuk mengantisipasi arus mudik dan arus balik lebaran. Selaku komandan upacara Kasat Thati, Iptu G Munda.

Usai apel, pasukan tidak langsung bubar tapi melakukan show of force alias pamer kekuatan dengan mengitari Kota Palopo. Sejumlah alat kelengkapan untuk digunakan sebagai pengamanan Lebaran Idul Fitri diperlihatkan kepada masyarakat, seperti mobil Dalman, Patroli, dan kedaraan trail Polisi, serta kelengkapan lainnya.

“Kalau dulunya konvoi dengan cara berjalan kaki, kali ini sudah menggunakan kendaraan. Namanya pamer kekuatan yang artinya Polres Palopo telah menyiapkan segalanya guna mengamanan Lebaran,” kata Kabag Humas Polres Palopo, AKP Bustang, di ruang kerjanya kemarin.

Jumlah personil yang dikerahkan untuk pengamanan Lebaran sekitar 300 lebih orang terdiri dari pasukan 721 (satu pleton), Kodim 1403 SWG (satu pleton), Satlantas (satu pleton), Sabhara (satu pleton), Gabungan Polsek (satu pleton), Gabungan Intel dan Reskrim (satu pleton), Satpol-PP (satu pleton), Dishub (satu pleton), Damkar (satu pleton), sedangkan pasukan SubDen Pon, Bankom, dan Senkom masing-masing satu regu.

“Untuk satu pleton terdiri 31 sampai 32 orang, sedangkan regu hanya 12 orang. Semua pasukan pengaman ini akan dikerahkan terhitung hari ini (kemarin. Red) hingga 5 Juli 2017 mendatang,” kata Kabag Humas.

Sementara itu, untuk wilayah Pos Pengamanan (Pospam) dan Pos Pelayanan (Posyan) berada di lima titik. Diantaranya berada di Lebang (Posyan), Logota (Pospam), depan Islamic Center (Posyan), depan Hypermart (Pospam), dan Telluwanua (Posyan).

“Pos-pos ini dijaga masing-masing dua orang dari instansi berbeda. Misalnya, dua orang anggota Dishub begitu juga dua orang dari Satpol. Sistem penjagaan per shif, pagi, sore, dan malam,” tandas Bustang.

AMANAT KAPOLRI

Pada apel pasukan kemarin, Kapolres AKBP Taswin membacakan amanat Kepala Kepolisian RI. Kapolres menyebutkan sebagaimana amanat Kapolri yakni kesiapan Polri dalam menghadapi kegiatan PAM Hari Raya Idul Fitri 1438 H serta sebagai sarana untuk konsolidasi dan pengecekan personil beserta kelengkapan Sarpras sebelum menghadapi tugas di lapangan.

“Jaga keamanan bersama sehingga masyarakat, khususnya di Kota Palopo dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan aman, nyaman, lancar dan penuh rasa kebersamaan,” ucap Kapolres.

Amanat lain dari Kopolri, lanjut Kapolres, ada tiga poin utama yang menjadi perhatian Bapak Presiden RI yakni terjaganya stabilitas harga pangan, kondisi kamtibmas yang kondusif dan keamanan, kelancaran serta kenyamanan arus mudik dan arus balik, sedangkan untuk menjaga kondisi Kamtibmas yang aman dan kondusif dengan cara menekan angka kejahatan seperti curat, curas, curanmor, copet, dan pencurian dengan sasaran rumah kosong.

“Tentunya kita akan mengoptimalkan peran Bhabinkamtibmas dan Intelijen di lapangan. Dan masyarakat diingatkan agar senantiasa waspada dan turut bersama-sama Polri dalam menjaga Kamtibmas,” ujar Kapolres. (him/ikh)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top