Admin Website SKPD Dilatih Menulis Berita – FAJAR sulsel
News

Admin Website SKPD Dilatih Menulis Berita

MASAMBA — Sebanyak 34 Admin Website SKPD dilatih cara menulis berita yang baik sesuai kaidah dan teori jurnalistik. Pelatihan Jurnalistik bagi Admin Website SKPD yang diinisiasi Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Wakil Bupati Luwu Utara, pekan lalu.

Pembawa materi, Lukman Hamarong, mengatakan, untuk menjadi seorang penulis berita yang baik, harus menguasai kaidah jurnalistik 5W + 1 H. “Secara teknis, menulis berita itu melaporkan sebuah peristiwa dengan pakem 5W + 1H. Ada peristiwa (What), pelaku (Who), tempat (Where), waktu (When), tujuan (Why), dan ada detail peristiwa (how),” jelas Lukman.

Menurutnya, penulis berita tidak cukup hanya menguasai rumus 5W 1H, tetapi seorang penulis berita yang handal, harus mempunyai ‘naluri kewartawanan’ yang selalu ingin tahu segala hal, di mana pun dan kapan pun.

“Satu yang paling penting untuk dimiliki seorang penulis berita adalah ‘naluri kewartawanan’. Naluri yang satu ini, jika dimiliki, yakin dan percaya, berita itu akan mengalir seperti air, kapan pun dan di mana pun,” tutur Lukman.

Meski demikian, lanjut Kepala Sub Bagian Analisa Media pada Humas dan Protokol ini, seorang penulis berita tidak boleh menulis berita berdasarkan opininya sendiri melainkan harus berdasarkan fakta-fakta yang ada.

“Dalam menulis sebuah berita kita harus berpegang pada fakta, bukan menonjolkan perasaan kita sendiri. Intinya, kita tidak boleh ‘beronani’ dalam menulis berita,” tandas Lukman. (jun/rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top