Uang Tunai Kastip BI Hampir Habis – FAJAR sulsel
News

Uang Tunai Kastip BI Hampir Habis

* Penarikan Capai Rp600 Miliar Selama Ramadan

PALOPO-– Kebutuhan uang tunai oleh masyarakat selama ramadan terbilang tinggi. Tingginya kebutuhan tersebut membuat Kas titipan hampir kehabisan uang tunai.

Membuat perbankan di Luwu Raya ini melakukan sharing antar perbankan hingga ke Makassar untuk memenuhi permintaan masyarakat terhadap uang tunai tersebut.

Berdasarkan data dropping dana Kas Titipan Bank Indonesia (Kastip BI), sepanjang ramadan ini uang tunai telah di drop kurang lebih Rp600 Miliar di Luwu Raya.

Pimpinan Bank Sulselbar Cabang Utama Palopo, H Yulis Suwandi sebagai Pengelola Kas Titipan Bank Indonesia di Kota Palopo, Selasa 20 Juni 2017 mengatakan Selama ramadan ini pihaknya sudah melakukan dropping dana sebanyak tiga kali.

“Namun tampaknya itu belum mencukupi hingga lebaran nanti,” katanya. Itu terlihat dari permintaan sejumlah Bank di Luwu Raya terkait uang tunai tersebut. Seperti misalnya BRI, BNI dan beberapa Bank lainnya.

Sementara dropping dana tunai sebesar Rp200 miliar dari BI baru bisa dilakukan usai lebaran. “Karena itu saat ini banyak perbankan untuk memenuhi uang tunai mereka mengambil langsung ke Makassar,” jelasnya.

Padatnya transaksi ini dimulai sejak awal ramadan. Puncaknya terjadi pada pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) pada pekan lalu dan masih berlangsung hingga saat ini.

Pemimpin Bidang Layanan Nasabah, BNI Cabang Palopo, Rahman saat dihubungi Palopo Pos kemarin juga mengungkapkan hal yang sama. “Transaksi penarikan sangat tinggi selama ramadan hingga menjelang lebaran tahun ini,” katanya.

Terkait pemenuhan uang tunai pihaknya harus ke Makassar. Namun ia menjelaskan hal ini terbilang normal dan bukan masalah dalam sebuah perbankan, karna dana tunai bisa sharing antar sesama Bank tergantung kebutuhan mereka. Pihaknya memperkirakan dana masyarakat kembali diserap oleh perbankan usai lebaran nanti. (ald/ikh)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top