Waspada Sebelum Tinggalkan Rumah – FAJAR sulsel
News

Waspada Sebelum Tinggalkan Rumah

MALILI – Polres Luwu Timur mengimbau seluruh warga Luwu Timur untuk menjaga keselamatan saat mudik Lebaran. Kapolres Luwu Timur, AKBP Parojahan Simanjutak yang dikonfirmasi Selasa, 20 Juni 2017 mengatakan, untuk mudik Lebaran warga harus memperhatikan segala sesuatu yang terkait keselamatan dan keamanan untuk mudik.

“Bagi yang mudik menggunakan transportasi umum, perhatikan barang bawan anda dan jangan menggunakan perhiasan yang berlebihan,” ungkap Parojahan kemarin.
Selain itu, AKBP Parojahan juga mengimbau warga, sebelum mudik pastikan keamanan rumah.

“Untuk keamanan rumah warga, jangan lupa cabut semua saluran stop kontak aliran listrik, dan nyalakan lampu teras juga cabut selang LPG dari tabung gas,” ungkapnya.
AKBP Parojahan juga menambahkan, jangan lupa semua harta berharga dan dokumen berharga di rumah warga simpan ditempat yang aman.

“Kami pemerintah kelurahan mengimbau kepada masyarakat manakala berangkat atau pergi mudik tolong rumah dicek apakah sudah terkunci, apakah jendela sudah terkunci, apakah listrik yang dipakai masih menyala, termasuk alat memasak,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kebakaran rumah kebanyakan terjadi akibat kelalaian pemilik rumah sebelum bepergian dari rumah.

“Saat ini bukan hanya kebakaran rumah saja yang dikhawatirkan, namun pencurian juga dikhawatirkan terjadi. Karena rumah kosong sudah pasti menjadi incaran maling disaat penghuni pergi mudik “ katanya.

Menurutnya, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan penghuni rumah ketika akan mudik. “Tolong segera melapor ke pihak RT/RW ataupun tetangga ketika akan mudik.

Informasikan berapa lama akan meninggalkan rumah dan perkiraan kembali ke rumah. Selain itu pastikan aliran kabel ke kontak dicabut dan kunci rapat pintu dan jendela serta tinggalkan nomor kontak yang bisa dihubungi,“jelasnya. (krm/rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top