Diduga Ada Pungli di Pos PNP – FAJAR sulsel
News

Diduga Ada Pungli di Pos PNP

*Amaluddin: Yang Nakal Langsung Diberhentikan

PALOPO — Retribusi seharusnya ditarik sesuai dengan aturan berlaku. Jika tidak, arahnya tentu bisa pungutan liar (pungli). Banyak aduan dari masyrakat, menyoroti soal pungutan di pos Pusat Niaga Palopo (PNP).

Katanya, ada yang ditarik retribusi tetapi tanpa karcis. Ada juga yang diberikan karcis, tetapi tanggal yang ada di karcis, sudah berbeda dengan tanggal penarikan retribusi.

Seperti yang terjadi, Rabu 28 Juni 2017 di Pos PNP yang berada di Jl Rambutan, Kota Palopo. Petugas disana, menarik retribusi senilai Rp2 ribu, namun tak menyertakan karcis. Setelah diminta, barulah salah seorang petugas memberikan karcis.

Hanya saja, karcis itu tidak disobek seperti biasanya. Namun, diambil dari tempat berbeda. Kondisinya terlipat dua dan sudah tampak agak kusut. Saat dibuka, tertera tanggal 27/7/2017 senilai Rp.1.000,-.

Temuan ini langsung dikonfirmasikan kepada Kepala Dinas Perdagangan (Kadisdag) kota Palopo, Amaluddin. Menurut Amal, setelah menerima laporan tersebut, dirinya langsung memeriksa empat pos yang ada di PNP.

“Setelah kami terima laporan itu, saya langsung menertibkan esok harinya. Semua tiket tanggal 27/7/2017, kami tarik. Dan saya tegaskan, kepada semua petugas pos, jika ada yang nakal, saya perintahkan supaya mereka langsung diberhentikan saat itu juga,” ucap Amaluddin kepada Palopo Pos.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Palopo, Andi Rahmat yang dimintai keterangannya, mengatakan, apapun alasannya, jika melakukan pungutan tidak sesuai aturan, itu adalah tindakan pidana. Atau yang dikenal dengan nama pungli.

“Laporan ini akan menjadi pertimbangan kami, pos PNP ini akan kita pantau. Jika tertangkap basah, tentu akan kita proses,” tegas Andi Rahmat. (ara/rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top