Polres Klaim Angka Kriminalitas dan Laka Turun – FAJAR sulsel
News

Polres Klaim Angka Kriminalitas dan Laka Turun

* Selama Ramadan 2017

PALOPO — Ramadan tahun 2017 ini, banyak pujian dialamatkan kepada Polres Palopo dan TNI-AD. Kerjasama pihak kepolisian bersama TNI-AD dan Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo mampu menekan angka kriminalitas dan kecelakaan lalulintas (lakalantas) di Kota Palopo.

Ini dapat dibuktikan dengan minimnya laporan kasus pencurian motor, kasus pembusuran juga kurang, termasuk kasus perkelahian kelompok. Aksi balapan liar (bali) juga mampu ditekan. Di kota Palopo, selama ramadan, angka laka lantas minim.

Upaya-upaya yang dilakukan tentu tidak mudah, butuh kerja keras dan keikhlasan, dalam memberikan rasa nyaman dan aman kepada masyarakat di Kota Palopo.
Kapolres Palopo, AKBP Taswin SIk dianggap sukses memimpin personilnya mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif. Khususnya dalam pelaksanaan operasi Ramadniyah.

Wakil Ketua Komisi I DPRD Kota Palopo, Steven Hamdani, yang dimintai keterangannya membenarkan hal itu. Kata legislator asal Partai Golkar ini, terobosan yang dilakukan oleh Kapolres Palopo, AKBP Taswin cukup baik.

“Pada prinsipnya kita apresiasi inovasi-inovasi dari Pak Kapolres. Upaya yang dilakukan dalam menekan angka kriminalitas dan lakalantas cukup bagus. Harapan kami dari perwakilan rakyat, Polres Palopo dapat meningkatkan pelayanan yang ramah dan prima dalam melayani dan mengayomi masyarakat,” kata Steven Hamdani, yang juga ketua AMPG.

Hal senada juga disampaikan oleh Sekkot Palopo, Jamaluddin Nuhung. Kata dia, Polres Palopo dan jajaran dibantu TNI dan unsur lainnya sangat luar biasa. “Ada perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya. Angka kriminalitas, bali dan laka lantas berhasil ditekan. Kami dari Pemkot Palopo berterima kasih,” ucapnya.

Tak jauh beda dengan apa yang dikatakan oleh Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Kav Cecep Tendi Sutendi. Menurut orang nomor satu di wilayah Kodim 1403 Sawerigading ini, selama ramadan, apalagi saat pelaksanaan operasi ramadniyah, situasi di Kota Palopo relatif aman.

“Inilah harapan kita bersama. Kami dari TNI-AD siap membantu Polres Palopo. Kita inginkan situasi aman ini bisa berlanjut hingga seterusnya,” kata dandim.
Dansub Denpom Palopo, Kaptem Cpm Adi Santoso juga mengakui keberhasilan Polres Palopo memberikan rasa aman. “Rasa aman bisa terwujud dengan adanya sinergitas antara TNI dan Polres Palopo,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Camat Wara Timur, Baso Aznur mengungkapkan, komitmen yang dibangun dengan pihak kepolisian dan Pemkot Palopo sudah terbangun dari tingkat kelurahan hingga muspida. Sementara itu, Lurah Pontap, Anjar Lestari, menilai kinerja Kapolres Palopo memberikan rasa aman saat ramadan luar biasa.

“Kami ucapkan terima kasih. Ide-idenya cukup kreatif dan surprise. Dulunya kelurahan Pontap tiap bulan puasa sering ribut. Tetapi ramadan ini betul-betul aman. Jalan rusak juga dibenahi. Kami ucapkan terima kasih,” ucap Anjar.

drs Dalle dan drs Martinus, dari tokoh agama dan masyarakat juga menilai demikian. “Alhamdulillah aman terkendali. Kepolisian sudah luar biasa,” tandasnya.
Kapolres Palopo, AKBP Taswin SIk, saat dimintai keterangannya, menegaskan, sejak dirinya menjabat sebagai kapolres, langkah awal yang dilakukannya adalah meminta komitmen pengabdian dari anggotanya.

“Pengabdian yang dilandasi keikhlasan dan tanggungjawab. Itu yang pertama. Yang kedua adalah membentuk tim Kring Mobile yang disebar di sembilan kecamatan. Ini untuk menekan angka kriminalitas.

Karena rata-rata pelaku adalah remaja tanggung, yakni remaja usia diatas 15 tahun sampai 17 tahun, maka kita akan lakukan program sentuh pemuda dan program peduli masyarakat. Ini adalah keseimbangan memelihara kamtibmas dan penegakan hukum,” tandas kapolres. (ara/ary)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top