Warga Dongi Belum Nikmati Listrik – FAJAR sulsel
News

Warga Dongi Belum Nikmati Listrik

NUHA — Masyarakat adat Tokarungsie atau yang dikenal dengan nama warga Dongi di Kelurahan Magani, Kecamatan Nuha, Luwu Timur belum juga menikmati listrik.

Hal ini setelah sambungan listrik dari PT Vale Indonesia terputus sejak 20 September 2016 yang belum juga kunjung disambung kembali.

Tercatat ada sebanyak 94 Kepala Keluarga (KK) yang terkena dampak putusnya aliran listrik tersebut. Dan sampai sekarang, listrik belum kunjung disambung oleh PT Vale Indonesia. Saat ini, warga masih menggunakan penerangan seadanya di daerah kaya nikel itu.

Asisten I Pemerintahan Luwu Timur, Dohri As’ari mengatakan PT Vale tidak bersedia menyambungkan listrik ke warga Dongi. Alasannya, lokasi permukiman warga Dongi masuk wilayah kontrak karya bukan tanah adat yang diklaim warga.

“Vale tetap tidak bersedia. Vale tetap ngotot tidak mau, karena masuk wilayah kontrak karya,” kata Dohri kemarin.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Timur, kata Dohri, tidak bisa campur tangan terlalu jauh. Soalnya, PLN yang ingin menyambungkan listrik ke warga Dongi harus lewat jaringan listrik PT Vale Indonesia.

“PT Vale tidak izinkan jadi susah juga. Itu wilayah kontrak karya, bukan tanahnya (warga),” imbuhnya.

Selain persoalan listrik, warga Dongi turut krisis air bersih. Masalah ini sudah dibahas oleh Komisi Nasional Hak Asasi Manusia bersama Pemkab Luwu Timur dan PT Vale Indonesia.

Rencananya, Komnas HAM, Pemkab Luwu Timur, dan PT Vale Indonesia akan melakukan konsultasi ke Kementrian Energi Sumber Daya Mineral. (*/rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top