Rahmat Kasjim: Sudah Terdistribusi – FAJAR sulsel
News

Rahmat Kasjim: Sudah Terdistribusi

PALOPO–Hiswana Migas Luwu Raya menampik adanya kelangkaan tabung LPG Kilogram di sejumlah wilayah di Kota Palopo. Dimana kurang lebih sepekan kelangkaan tersebut terjadi dan memicu spekulasi harga eceran tertinggi (HET) yang seharusnya berkisar Rp16.500 per tabung saja.

“Kelangkaan itu tidak ada, yang ada cuma tidak adanya penyaluran,” kata Rahmat kasjim kepada Palopo Pos, Jumat, 30 Juni 2017 melalui telepon.

Hal itu juga diakui oleh sejumlah agen terkait keterlambatan pendistribusian tabung LPG. Namun saat ini pihaknya telah memastikan pendistribusian tabung dari agen kepada pangkalan mulai berjalan. “Sebenarnya bukan langka, cuma tidak terdistribusi kemarin karna pekerja libur lebaran,” jelasnya.

Memang selama ramadan kebutuhan LPG oleh masyarakat meningkat. “Tapi sebenarnya telah kami persiapkan sejak H-7 Ramadan dengan menambah kuota sebanyak 15 persen,” kata Rahmat.

Kelangkaan LPG selama ini disebutkan oleh sejumlah pangkalan. Salah satunya yang berada di bilangan Jl Anggrek non blok. “Jangankan dijual, untuk kebutuhan dirumah sendiri saja kami juga harus cari,” kata Nia pemilik usaha Pangkalan tersebut. Ia sendiri mengaku sudah 10 hari tidak pernah jualan.

Karna hal itu juga memunculkan spekulasi harga di tingkat pengecer dimana terdapat wilayah yang menjual diatas HET yang mencapai Rp27 ribu per tabung. Tentu harga itu tidak sesuai dengan Perwal nomor 11 tahun 2014 terkait HET yang hanya tercantum Rp16.500.

Sementara itu Kadis perdagangan saat dikonfirmasi mengatakan adanya harga LPG Rp27 ribu per tabung tersebut karena ulah oknum. “Barang seperti itu sebenarnya sudah tiga kali pindah tangan, yaitu dari pengecer satu kepada lainnya itulah yang membuat harga LPG melambung,” jelasnya.

Namun pihaknya juga mengklaim bahwa itu terjadi bukan karna kelangkaan.
“Saat ini pendistribusian tabung sudah mulai berjalan normal kembali, itu di beberapa wilayah dimana masing masing pangkalan mendapatkan jatah 50 tabung,” jelasnya. (ald/ikh)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top