Bekerja Cepat, Tuntaskan Pembangunan – FAJAR sulsel
News

Bekerja Cepat, Tuntaskan Pembangunan

* Wujudkan K ota Harapan Sekaligus Pilar Utama Perekonomian di Sulsel

PALOPO — Hari ini, puncak peringatan hari jadi Kota Palopo yang ke-15. Peringatan HUT Palopo sangat bermakna bagi Wali Kota Palopo Judas Amir yang dikenal dengan akronim JA. Sebab, bertepatan dengan 4 tahun masa kepemimpinannya. Ia bersama dengan kabinetnya mendapat spirit baru. Untuk bekerja cepat menuntaskan pembangunan.

Wali Kota Palopo Judas Amir menyadari bahwa masih banyak harapan masyarakat yang belum dapat dipenuhi. Namun demikian, ia akan terus berupaya mencurahkan segenap daya dan pemikiran dalam melaksanakan pembangunan di segala bidang, khususnya melalui pengembangan potensi lokal untuk menopang kemajuan daerah dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga terwujud Palopo sebagai kota harapan sekaligus salah satu pilar utama perekonomian di Sulsel.

Tidak salah bila hari jadi ke-15 ini, mengusung tema ”Bekerja Cepat Tuntaskan Pembangunan”. Thema ini menjadi spirit bagi Pemerintah Kota Palopo untuk menuntaskan pembangunan yang telah direncanakan sebelumnya.

Adapun program strategis pada tahun 2017, beber Judas Amir, pendidikan gratis paripurna dengan total anggaran sebesar Rp7,6 miliar. Anggaran ini akan dialokasikan ke 65 SD Negeri, 12 SD swasta/MI, 14 SMP Negeri, dan 15 SMP swasta/MTS. Kemudian program strategis lainnya adalah kesehatan gratis paripurna.

Total anggaran yang disiapkan dalam APBD Tahun 2017 sebesar Rp15,3 miliar. Dialokasikan untuk belanja premi asuransi kesehatan 55.633 jiwa masyarakat Kota Palopo yang mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya 2016 hanya berjumlah 51.000 jiwa masyarakat Kota Palopo.

Selanjutnya, program rastra (raskin gratis) dengan jumlah anggaran sebesar Rp2,1 miliar yang dialokasikan untuk menanggung subsidi raskin sebanyak 6.109 rumah tangga sasaran.
Selain itu, Pemerintah Kota Palopo juga menyiapkan anggaran sebesar Rp1,7 miliar yang dialokasikan untuk raskin tambahan sebanyak 1.000 rumah tangga sasaran selama 13 bulan.

”Sementara pada bidang pelayanan dasar, kami tetap konsisten untuk menyukseskan program pendidikan dan kesehatan gratis,” ucap Wali Kota Judas Amir, seperti yang dilansir dari rilis Humas Pemkot.

Kata wali kota, kebijakan pada bidang pendidikan diarahkan pada program peningkatakn mutu layanan pendidikan yang berbasis pada penguatan pelaku pendidikan, mutu dan akses pendidikan dan pelibatan masyarakat serta program pendidikan dan pelatihan kepelautan bagi 100 orang pemuda setiap tahunnya.

Di bidang kesehatan, Pemkot Palopo tetap fokus pada peningkatan derajat kesehatan masyarakat dengan beberapa program. Antarlain; pemberian layanan BPJS kesehatan bagi 55.633 jiwa masyarakat Kota Palopo, rehabilitasi sarana puskesmas, akreditasi untuk rumah sakit dan puskesmas. ”Program ini disempurnakan dengan layanan kesehatan jemput antar melalui UPTD JA,” paparnya.

Pada bidang infrastruktur, lanjut Judas, ia tetap fokus untuk menata Kota Palopo menjadi kota yang indah, aman, dan nyaman dengan dukungan infrastruktur yang memadai.
Ia juga menjelaskan berbagai program kerjasama dengan pemerintah pusat yang sementara berjalan. Yaitu, program
pengembangan kota hijau (P2KH), program penataan dan pelestarian kota pusaka (P3KP), program kota tanpa kumuh (Kotaku), dan program NUSSP 2.

”Keseluruhan program kerjasama tersebut diarahkan pada beberapa kegiatan, yakni penataan kawasan kumuh perkotaan, pembangunan taman dan ruang terbuka hijau, perbaikan drainase serta rehabilitasi situs dan cagar budaya pada bidang infrastruktur jalan dan jembatan,” terangnya.

”Kami berupaya untuk memperoleh dukungan dari pemerintah pusat dan provinsi. Dengan demikian kami optimis, insya Allah pada tahun 2018, tidak ada lagi jalan yang rusak di Kota Palopo,” tandas orang nomor satu di Palopo.
Demikian halnya untuk infrastruktur kantor wali kota sebagai pusat kegiatan pemerintah, insya Allah akan difungsikan pada tahun 2017.

Selain pembangunan sarana dan prasana, pendidiklan dan kesejahteraan masyarakat masih menjadi skala prioritas. Dimana pemerintah Kota Palopo juga telah menyiapkan anggaran untuk program “Siapa Mau Kerja Apa”. Program ini diharapkan mampu untuk menekan jumlah pengangguran dan mendongrak pundi-pundi ekonomi masyarakat. Dengan demikian, kesejahteraan masyarakat meningkat dan menurunkan angka kemiskinan Kota Palopo.

Sementara itu, Kabag Humas Setda Kota Palopo, Maksum Runi menyebutkan, dalam puncak HUT Kota Palopo ke-15 akan dihadiri langsung Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dengan menggunakan pesawat Susi Air.

Gubernur Sulsel akan bertolak dari Makassar menuju Bandara Bua Luwu dengan menggunakan pesawat carteran Susi Air sheet 24 pukul 09.00 Wita. Sedangkan protokol dan humas Gubernur Sulsel sudah mobile dari Makassar ke Palopo. Masyarakat dapat menyaksikan HUT Palopo secara live besok (hari ini, Red) di Ratona TV. (rhm-ary)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top