Rumah Cerdas Pertama di Sulsel Dilaunching di Bulukumba – FAJAR sulsel
News

Rumah Cerdas Pertama di Sulsel Dilaunching di Bulukumba

BULUKUMBA, RADAR SELATAN. CO.ID – – Berawal dari Kegelisahan salah seorang Aparatur di Kemenag Bulukumba yaitu Ibu Hartati melihat tidak adanya keseragaman silabus dan kurikulum dalam hal pembelajaran dan pengelolaan Di TK/TPA serta majelis taklim dari berbagai institusi keagamaan di Kabupaten Bulukumba yang kemudian dituangkan dalam sebuah Proyek Perubahan saat mengikuti Diklatpim IV maka lahirlah Konsep Rumah Cerdas

Rumah Cerdas ini kemudian dipresentasikan kesejumlah Ormas Keagamaan dan Pemerintah Daerah, gayung pun bersambut, melalui Kementerian Agama Bulukumba, Pemda Bulukumba, BKPRMI, FKCA, Muslimat NU dan sejumlah Majelis Taklim Rumah Cerdas ini kemudian terealisasi, Lapor Kasubag TU mewakili Ka.Kankemenag Bulukumba.

Wakil Bupati dalam Sambutannya menyampaikan respon positifnya atas gagasan Rumah Cerdas ini, beliau mengatakan konsep ini wajib diduug oleh pemerintah karena sangat konstruktif bagi pembangunan SDM ke depan khususnya di Bulukumba. Rumah cerdas ini merupakan investasi dunia akhirat Dan Pemda dukung sepenuhnya dan meminta konsep ini direplikasi di seluruh kecamatan, “Papar Tomy Satria

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sulsel H. Abd. Wahid Thahir dalam Kesempatan tersebut meminta kepada semua fihak yang terlibat dalam Rumah Cerdas menyampaikan bahwa dari sini harus melahirkan generasi yg cerdas dan olehnya itu pengelolanya juga berasal dari orang orang cerdas.

Kakanwil juga mengharapkan Rumah cerdas ini juga menjadi sekber bagi seluruh elemen pemerhati dan penggiat masalah keagamaan di masyarakat dalam melahirkan generasi Qurani.

Disini juga harus menjadi tempat menggagas dan penyebaran akan konsep ajaran Islam yang rahmatan Lil Aalamiin yang tawasuth dan tasammuh (moderat), tambah beliau

Tempat seperti ini diharapkan menjadi salah satu ini menjadi benteng moral bagi generasi dan umat kita dalam menangkal pengaruh pengaruh negatif era modernisasi saat ini, seperti Terorisme dan Radikalisme, harapnya.

Sejumlah petinggi dan tokoh tampak hadir di acara launching Rumah Cerdas tersebut diantaranya Rektor UIM Makassar yang juga Ketua Forum Kajian Cinta Al Qur’an ( FKCA) Sulsel Hj. Majdah Agus Arifin Nu’mang, Ketua BKPRMI Bulukumba, Ka.Kankemenag Bulukumba, Ketua MUI Bulukumba, Kabag Kesra Pemda Bulukumba, dan Ketua PKK Bulukumba.

Acara Launching yang dipercayakan kepada Ka.Kanwil Kemenag Sulsel ini kemudian dilanjutkan dengan pengguntingan pita bersama oleh Ka.Kanwil, Ketua FKCA Sulsel, Wakil Bupati dan Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Bulukumba dan peninjauan ke dalam Rumah Cerdas tersebut dipandu oleh ibu Hartati selaku penggagas.

Rumah cerdas tersebut selain akan difungsikan sebagai tempat berdiskusi dan kajian keagamaan khususnya bagi peningkatan dan pengembangan kapasitas tenaga pengajar di TK/TPA di Bulukumba, juga akan menjadi sentra pelatihan bagi calon atau petugas jenazah, dan mengenai kurikulum yang diterapkan disamping ada yang sifatnya manual juga telah disiapkan dalam bentuk audiovisual sehingga memudahkan untuk mencerna dan mengaplikasikannya yang jelas ibu Hartati.

Acara tersebut kemudian diakhiri dengan tausiyah Halal BI Halal yang disampaikan oleh Istri dari Wakil Gubernur Sulsel dihadapan ratusan hadirin. (Wrd)

Dilaporkan oleh :
Mawardy Siradj
Pelaksana Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Prov Sulsel

LANJUT RADAR SELATAN

loading...
Click to comment
To Top