Pemda Bone Diminta Turun Tangan – FAJAR sulsel
News

Pemda Bone Diminta Turun Tangan

Daya Tampung SMA Hanya 11.900 Siswa

PENULIS : AGUSTAPA

RADARBONE.CO.ID_WATAMPONE–Adanya pembatasan volume ruang kelas pada penerimaan peserta didik baru jenjang SMA/SMK tahun ini, mengakibatkan sejumlah lulusan siswa SMP/MTs terancam tidak tercover.

Kepala UPT Pendidikan Wilayah Bone Dinas Pendidikan Provinsi Sulsel Drs. Andi Syamsu Alam, M.Pd meminta pemerintah agar turun tangan menyikapi persoalan ini. Untuk mengcover lulusan SMP/MTs tahun ini, dibutuhkan perhatian pemerintah berupa penambahan ruang kelas baru di setiap sekolah. “Sejauh ini, jumlah lulusan siswa SMP/MTs selalu lebih besar dari pada jumlah lulusan siswa SMA/SMK/MA di Bone. Sedangkan setiap penerimaan siswa baru tidak pernah dibarengi dengan penambahan ruang kelas di sekolah,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis, 06 Juli kemarin.

Selama ini kata Andi Syamsu Alam, sekolah dapat membangun ruang kelas belajar, karena dibantu oleh Komite Sekolah melalui partisipasi orangtua siswa. Akan tetapi, hal itu sudah tidak bisa lagi dilakukan oleh komite, karena selalu menimbulkan persoalan yang dinilai sebagai bentuk pungutan. “Maka dari itu, untuk menyikapi persoalan penerimaan siswa baru, dibutuhkan ada perhatian dari pemerintah daerah,” katanya.

Langkah yang dilakukan UPT Pendidikan Wilayah Bone saat ini kata dia, tengah menunggu laporan dari masing-masing sekolah, baik yang ada di kecamatan maupun yang ada di kota. “Jika memang banyak siswa yang tidak tercover, maka kita akan arahkan untuk mengisi dulu sekolah yang belum mencapai kuota. Supaya siswa baru yang mendaftar di jenjang SMA/SMK/MA bisa merata. Namun jika hal itu sudah dilakukan, masih ada siswa yang tidak tercover, barulah kita carikan solusi,” imbuhnya.

Disisi lain, Koordinator Pengawas SMA Kabupaten Bone Drs. A. Aspada yang diminta tanggapannya mengenai persoalan itu, justru meminta agar komite sekolah mengambil peran dalam menyikapi persoalan ini. “Jika memang tidak ada lagi sekolah yang bisa ditempati siswa lanjut, maka komite sekolah harus bertindak dengan cara melakukan usulan penambahan kuota dari masing-masing sekolah. Usulan itu diajukan ke UPT Pendidikan. Kalau perlu diteruskan juga ke Bupati Bone, supaya ada solusi dalam menyikapi persoalan ini,” tandasnya.

Sekedar diketahui, daya tampung SMA/SMK/MA di Bone hanya mencapai 11.900 siswa. Itu terdiri dari, 10.605 siswa untuk sekolah negeri atau 303 kelas, 1.295 siswa untuk sekolah swasta atau 37 kelas. Sedangkan lulusan SMP/MTs tahun ini mencapai 12.931 siswa.

*

LANJUT RADAR BONE

loading...
Click to comment
To Top