Rumah Ibadah Bakal Terima Dana Hibah – FAJAR sulsel
News

Rumah Ibadah Bakal Terima Dana Hibah

*Bagian Kesra Kumpulkan Pengurus Masjid-Gereja

PALOPO — Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kesra) mengumpulkan para pengurus rumah ibadah se Kota Palopo di aula Lantai 2 Kantor Wali Kota Palopo, Kamis 6 Juli 2017. Pertemuan ini bertujuan mensosialisasikan kepada para pengurus rumah ibadah persyaratan untuk mendapatkan dana hibah guna pembangunan rumah ibadah.

Hal tersebut diungkapkan Kabag Kesra Setda Kota Palopo, Budiman Sulaiman kepada Palopo Pos kemarin. Menurut Budiman, tujuan diundangnya para pengurus rumah ibadah ini untuk menyampaikan salah satu program pemerintah yakni rencana pemberian bantuan hibah.

”Dengan kehadiran para pengurus/panitia pembangunan Masjid dan gereja bisa mengerti mengenai prosedur dan persyaratan administrasi yang mereka harus penuhi. Karena permasalahan yang ada selama ini kebanyakan para pengurus rumah ibadah tidak paham dan mengerti mengenai hal ini,” sebut Budiman kemarin.

Mantan Camat Telluwanua ini menjelaskan, sesuai data, masjid di Kota Palopo 148 Masjid dan 45 Gereja yang layak diajukan untuk mendapatkan bantuan hibah sebesar Rp10 Juta per rumah ibadah.
”Salah satu poin untuk menerima dana hibah tersebut yakni rumah ibadah yang sama sekali belum pernah mendapatkan bantuan.

Atau yang telah mendapatkan bantuan di tahn anggaran 2015, maka di tahun anggaran 2017 kembali bisa mengajukan permohonan untuk mendapatkan bantuan,” jelas Budiman.
Lebih lanjut ia menjelaskan, rumah ibadah tak boleh mendapatkan bantuan secara berturut-turut setiap tahunnya, tapi harus diantarai satu tahun.

Adapun maksud dan tujuan, rencana pemerintah akan memberikan bantuan hibah ke masing-masing rumah ibadah. Yakni dalam rangka membantu panitia pembangunan rumah ibadah menyelesaikan pekerjaan fisik bangunan, sehingga kenyamanan dan kekhusyukan jamaah bisa lebih terasa dalam melaksanakan ibadah.

Pada acara pertemuan tersebut, beberapa orang dari masing-masing pengurus rumah ibadah mnyampaikan ucapan terimakasih atas perhatian pemerintah dengan adanya rencana pemberian bantuan hibah. Sehingga mereka sangat mengharapkan ini bisa terwujud.

Sementara itu, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Palopo, Hamzah Jalante mengungkapkan bantuan dana hibah untuk rumah ibadah akan dimasukkan dalam anggaran perubahan tahun 2017.

Adapun target waktu yang diberikan kesempatan kepada masing-masing pengurus rumah ibadah untuk menyampaikan permohonannya yaitu selama satu bulan. Seh;ingga diharapkn di akhir Juli, seluruh rumah ibadah yang layak mnerima bantuan telah menyampaikan permohonannya.(rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top