Tebusan Gadai Capai Rp4 Miliar – FAJAR sulsel
News

Tebusan Gadai Capai Rp4 Miliar

* Pencairan Tinggi Jelang Hingga Awal Bulan Puasa

PALOPO— Selama bulan Juni 2017, transaksi khsususnya penebusan yang ada di Pegadaian Cabang Palopo cukup tinggi. Puncaknya terjadi sepekan sebelum lebaran baru-baru ini. Selama sepekan jelang lebaran ini penebusan mencapai Rp4 Miliar.

Hal itu diungkapkan oleh Pimpinan Cabang Pegadaian Kota Palopo, Kamaluddin kepada Palopo Pos, Kamis 6 Juli 2017 kemarin di ruang kerjanya. Diungkapkannya, awal bulan puasa memang konsumtif atau pencairan cukup tinggi.

Namun setelah pertengahan hingga jelang lebaran penebusan mulai meningkat pesat. Bahkan dibanding bulan Mei, pada bulan Juni penebusan cukup tinggi.

“Dibanding bulan Mei, penebusan gadai pada bulan Juni cukup tinggi dengan kenaikan mencapai 30 persen, terutama seminggu sebelum lebaran itu cukup tinggi penebusan” ujar Kamaluddin.

Lanjutnya, tingginya penebusan ini tidak terlepas dari faktor Hari Raya. Dimana perlu diketahui 97 persen jaminan yang ada di pegadaian adalah perhiasan. “Kalau lebaran kan pasti orang juga mau pake perhiasannya,” terang Kamaluddin.

Bukan hanya itu, dikatakannya bahwa tingginya jumlah penebusan tersebut berlanjut hingga awal bulan Juli. Meski tidak setinggi jelang lebaran, namun tingkat penebusan masih mendominasi jika dibanding pencairan.

Sementara untuk pencairan atau kredit justru ramai saat jelang dan awal bulan puasa. “Sebelum puasa lebih banyak pencairan dibanding penebusan,” ungkapnya. Tambahnya, Kamaluddin sendiri memprediksi minggu ke-3 bulan Juli 2017 ini, pencairan nasabah kembali akan mulai tinggi.(cr1/ikh)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top