Kementerian Ristek Bakal Safari STP – FAJAR sulsel
News

Kementerian Ristek Bakal Safari STP

*Terkait Pengembangan Sagu di Salubattang

PALOPO — Kementerian Ristek dan Dikti RI akan melaksanakan safari Science Techno Park (STP di 24 Kabupaten/kota se Sulawesi Selatan. Hal tersebut diungkapkan Yudho Baskoro dari Direktorat Jenderal Kelembagaan Iptek dan Dikti ketika berbicara di hadapan peserta rakor pengembangan Sagu Techno Park Palopo yang dilaksanakan oleh Badan Litbang Kota Palopo belum lama ini.

Yudho menjelaskan, pelaksanaan Safari STP ini bertujuan untuk mengkampanyekan sekaligus memastikan pelaksanaan program STP di seluruh wilayah Sulawesi Selatan, khususnya di Kota Palopo yang memprogramkan Sagu Techno Park yang rencananya dikembangkan di Kelurahan Salubattang, Kecamatan Telluawanua.

Menariknya safari STP tersebut akan diawali di Tana Luwu, yakni Luwu, Luwu Utara, Kota Palopo dan Luwu Timur) pada tanggal 11-14 Juli 2017. Dan akan berakhir di Makassar pada tanggal 16 Agustus 2017.

Yudho menambahkan, jika memungkinkan pada pelaksanaan STP di Palopo, Menristek akan melaksanakan teleconfrence dengan Wali Kota Palopo untuk memantau perkembangan perencanaan dan pelaksanaan STP di masing-masing wilayah.

Setelah menggelar rakor, Yudho didampingi Kepala Balitbangda Palopo dan lurah Salubattang beserta staf meninjau secara langsung lokasi STP di wilayah Salubattang yang rencananya akan menggunakan lahan seluas 10 hektar.

Kasundit Litbang Pusat, bersama rombongan didampingi Sekretaris Balitbangda Kota Palopo, dalam hal ini, Sektetaris, Drs Taufik Gurahman, mewakili Kepala Badan, serta Lurah Salubattang, Andi Baso Akbar SE, bersama aparatnya, melakukan pantauan di lokasi berdirinya tanaman sagu di Salubattang. Kunjungan itu dilakukan, Selasa, 4 Juli 2017, dipusatkan di Marobo.

Kedepannya, sagu di Salubattang akan diperkenalkan di luar Palopo bahkan sampai ke pusat hingga internasional.
“Ini baru kunjungan awal. Kita ingin melihat langsung bagaimana pertumbuhan sagu di daerah ini, dan ternyata sesuai dengan yang kita harapkan,” kata Kasubdit Litbang Pusat, Yudho Baskoro, kepada Palopo Pos, disela-sela kunjungannya, dua hari lalu.

Sementara itu, Lurah Salubattang, Andi Baso Akbar, mengatakan, hasil kunjungan tim terungkap, setelah tahap peninjauan, kembali Litbang Pusat akan melakukan pelatihan yang menghadirkan instruktur dari pusat.

“Pesertanya dari petani yang ada di Salubattang,” beber Andi Baso Akbar.(rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top